youtube channel

Channels

Celimpungan, Cara Lain Menikmati Pempek Palembang

Celimpungan, Cara Lain Menikmati Pempek Palembang

Celimpungan Palembang

Pempek tak bisa disangkal lagi menjadi makanan khas yang menjadi daya tarik dan identik dengan Palembang, Sumatera Selatan. Namun ada satu ragam kuliner juga yang tidak jauh-jaun dari pempek, yakni celimpungan, makanan khas Palembang yang juga tak kalah lezatnya.

antvklik.com - - Palembang memang surganya kuliner. Selama bulan suci Ramadan, selain pempek, bermacam kuliner tersedia di kota yang mendapat julukan Venesia dari timur ini.

Dari sekian ragam kuliner tersebut, ada satu nama kuliner yang namanya cukup unik, yakni celimpungan.

Ya... Celimpungan adalah kuliner mirip pempek dan tak heran karena memang bahan baku untuk membuatnya adalah sama.

Namun yang membedakan adalah, celimpungan memiliki kuah khusus santan kekuningan dan bawang goreng di atasnya.

Menurut cerita warga Palembang, nama celimpungan diambil dari kata cemplung saat adonan mirip bakso ikan di masukkan ke panci rebusan.

Celimpungan sangat cocok disantap saat sahur maupun berbuka puasa, karena kandungan karbohidrat dan protein serta rempah-rempah begitu bergizi untuk menambah semangat menjalankan ibadah puasa.

Bahan dasarnya mirip pempek yakni sagu dan ikan gabus atau tenggiri.

Cara membuatnya yakni, bahan yang sudah dihaluskan dengan campuran garam dan bumpu dapur lainnya, dibentuk seperti bakso ikan dan langsung direbus hingga mengapung.

Setelah matang, kemudian didinginkan terlebih dahulu dan sembari menunggu dingin, bisa langsung dilanjutkan dengan membuat kuahnya yang terdiri dari santan, tumisan rempah rempah seperti kunyit, lengkuas dan bawang serta ikan segar yang sudah digiling.

Setelah kuah siap dan celimpungan sudah dingin, maka tinggal dicampurkan agar bumbunya meresap.

Meytrianti, pemilik usaha makanan khas Palembang mengatakan, celimpungan sebaiknya ditambahkan bawang goreng untuk menambah cita rasa.

"Sebenarnya bahan bakunya sama dengan pempek, jadi boleh dibilang sebagai cara lain menikmari pempek. Hanya saja kalau pempek dimakan cuka, ini dengan santan," katanya.

Warga komplek Bougenvile Karya Baru Palembang ini mengatakan menu celimpungan selalu menjadi menu favorit keluarganya.

"Keluarga hobi makan ini. Enak banget dimakan saat berbuka," kata Asniah, warga Palembang.

Nah jika anda sedang ke Palembang dan mencari menu sahur dan berbuka puasa selama bulan suci ramadan ini, mungkin celimpungan bisa menjadi pilihan keluarga anda.

I Ganda Kopatra I Palembang I Sumatera Selatan |


icon featured

Popular

icon featured

Related Article

icon featured

Comments