youtube channel

Channels

Ditemukan Cara Ngecas Ponsel Langsung Penuh Dalam Sedetik

Ditemukan Cara Ngecas Ponsel Langsung Penuh Dalam Sedetik

Baterai kuantum dapat mengecas ponsel penuh seketika (courtesy : shutterstock)

antvklik.com - - Bosan menunggu lama hanya untuk mengisi daya ponsel atau tablet? Seorang ilmuwan dari Universitas Adelaide Australia bernama James Quach menemukan cara mengisi daya atau mengecas ponsel agar langsung penuh seketika. Caranya adalah dengan menggunakan baterai super yang menggunakan teknologi mekanika kuantum atau disebut juga baterai kuantum.

Quach mengaku ide membuat baterai kuantum mengacu pengalamannya meneliti bidang mekanika kuantum. Seperti dilansir ABC Australia, secara teori, baterai kuantum saat dicas akan terisi penuh dalam tempo kurang dari satu detik saja.

Menurut Quach, teknologi mekanika kuantum yang menjadi dasar pembuatan baterai super ini terkait dengan interaksi pada skala terkecil atom dan molekul dalam suatu belitan atau keterikatan. Namun belitan atau keterikatan itu terbentuk dalam kondisi yang sangat spesifik, seperti suhu tertentu dan sistem yang terisolasi. Jika kondisi berubah, maka belitan itu akan hilang.

Berbeda dari baterai konvensional, seberapa lama waktu mengisi baterai kuantum yang berukuran sangat kecil itu tergantung jumlahnya. Semakin banyak jumlahnya maka pengisiannya semakin cepat. Quach mencontohkan, jika ada satu baterai kuantum harus dicas selama 1 jam.Kalau dua baterai kuantum dicas selama 30 menit. Namun kalau ada 10.000 baterai kuantum maka hanya dibutuhkan waktu kurang dari 1 detik saja.

Quach berjanji akan mendemonstrasikan baterai kuantum 6 bulan lagi. Direncanakan, penggunaannya tak hanya untuk ponsel saja, tapi juga perangkat lain, seperti jam pintar atau tablet. Jika nantinya baterai kuantum sukses uji coba dan dapat diproduksi massal, maka akan merevolusi peta industri berbagai perangkat teknologi yang beredar di pasaran saat ini. Dan yang pasti, Anda tak akan perlu menunggu berjam-jam lagi untuk mengecas ponsel. Cukup sedetik, baterai ponsel pun sudah terisi penuh. Asyik kan.

Sumber : ABC Australia

Baca juga :


icon featured

Popular

icon featured

Related Article

icon featured

Comments