youtube channel

Channels

Indef: Capres Harus Punya Solusi Untuk 10 Masalah Ekonomi Negeri Ini

Indef: Capres Harus Punya Solusi Untuk 10 Masalah Ekonomi Negeri Ini

Indef: Capres harus tawarkan solusi 10 masalah ekonomi

Debat terakhir Pilpres 2019 akan memaparkan tema tentang ekonomi, kesejahteraan sosial, keuangan, investasi dan industri. Diharapkan kedua pasangan capres-cawapres punya solusi untuk 10 masalah ekonomi negeri ini.

- Institute for Development of Economics and Finance (Indef) menilai, ada 10 masalah penting bidang ekonomi yang diharapkan ada solusi dalam debat Pilpres 2019 putaran terakhir. Antara lain masalah pengelolaan pertumbuhan ekonomi.

antvklik.com - Ekonom senior Indef Nawir Messi mengatakan, pertumbuhan ekonomi sejak Orde Reformasi belum mampu menyamai capaian Orde Baru. Pemerintah yang akan datang harus segera mengakselerasi pertumbuhan ekonomi, agar terhindar dari jebakan negara berpendapatan menengah untuk bisa menjadi negara maju.

Selain pertumbuhan ekonomi, daya saing investasi juga jadi masalah besar. Saat ini perizinan di tingkat pusat sudah mudah, namun di tingkat daerah justru belum mudah. Masalah tenaga kerja, impor, pajak dan utang luar negeri juga jadi sorotan.

Masalah energi terbarukan, revolusi industri 4.0 dan kemiskinan harus pula menjadi prioritas pemerintah. Dicontohkan, pertumbuhan ekonomi Jepang dan Korea Selatan sebagian besar didorong oleh perkembangan teknologi informasi.

Peliput: Cendono Mulian & Ahmad Junaidi


icon featured

Popular

icon featured

Related Article

icon featured

Comments