youtube channel

Channels

Brama Bantu Matematika Untuk Tuna Netra dan Sangat Mudah Digunakan

Brama Bantu Matematika Untuk Tuna Netra dan Sangat Mudah Digunakan

Brama Bantu Matematika Untuk Tuna Netra dan Sangat Mudah Digunakan

Dua mahasiswi Universitas Muria Kudus (UMK), Jawa Tengah, ciptakan media pembelajaran matematika bagi tunanetra. Bernama Braille Mathematic disingkat Brama. Uniknya, Brama dibuat dengan memanfaatkan limbah kayu sisa produksi mebel. Brama mendapatkan penghargaan berupa medali perunggu dalam even internasional di Bali, yang diikuti 35 negara.

antvklik.com - - Dua mahasiswi jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidkan, Universitas Muria Kudus (UMK) Jawa Tengah, Yuni Puspita Sari dan Arinda Pratiwi Sukma membuat alat peraga belajar angka untuk anak berkebutuhan khusus (ABK) braille.

Braile buatan Yuni dan Arinda diberi nama Braille Mathematics disingkat Brama, yang memudahkan penyandang tuna netra untuk belajar matematika. Brama dibuat dari limbah kayu sisa produksi mebel dari Jepara.

Menurut Yuni Puspita pemilihan limbah kayu karena kayu gampang di dapat dan murah.

"Saya pakai kayu sisa mabel. Sayang kalau sisanya dibuang atau dibakar,” ujar Yuni.

Brama tidak hanya berguna untuk tuna netra belajar metamatika, Brama juga bisa dipakai anak usia dini untuk belajar metamatika.

Brama hanya berupa kotak kayu yang berisi potongan kayu yang dirancang lengkap dengan angka.

Untuk mengindetifikasi angka, cukup dengan diraba. Brama bisa dipakai untuk penambahan, pengurangan, pengalian dan pembagian.

Seorang tuna netra bernama Sania Alfia Novita mengatakan, sangat terbantu dengan adanya Brama. Siswi kelas 9 Sekolah Luar Biasa itu mengaku tidak lagi mengalami kesulitan dalam berhitung.

”Alhamdulillah saya sudah tidak lagi kesulitan daam berhitung. Saya pakai Brama. Makainya gampang ga ribet,” jelas Sania.

Juni 2019 Brama mendapat penghargaan berupa medali perunggu dari sebuah even internasional di Bali. Even ini diikuti 35 negara.

Yuni dan Arinda tak berpuas diri. Mereka masih punya mimpi besar yang harus segera terwujud, demi membantu penyandang tuna netra agar lebih mudah bejar matematika. Mereka ingin menciptakan brama yang menyenangkan dan murah. Mimpi besar mereka Brama bisa ada dalam bentuk audio. yang bisa diakses melalui aplikasi internet.


icon featured

Popular

icon featured

Related Article

icon featured

Comments