youtube channel

Channels

BPCB Jawa Timur Temukan Petirtaan Peninggalan Majapahit

BPCB Jawa Timur Temukan Petirtaan Peninggalan Majapahit

Struktur bangunan petirtaan yang ditemukan BPCB Jawa Timur (Foto:ANTV/Umar Sanusi)

antvklik.com - Ekskavasi situs purbakala peninggalan Kerajaan Majapahit di Dusun Sumber beji, Desa Kesamben, Kecamatan Ngoro, Jombang, Jawa Timur, menemui titik terang.

Setelah lima hari ekskavasi, petugas Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Timur, menemukan empat jaladwara atau pancuran air yang terbuat dari batu berbentuk naga serta sejumlah pecahan gerabah.

Selain jaladwara, petugas BPCB Jawa Timur juga menemukan struktur bangunan yang diduga petirtaan khusus untuk keluarga dan petinggi Kerajaan Majapahit. Petugas juga menemukan adanya struktur penghubung dari saluran air menuju bangunan utama.

Menurut Wicaksono Dwi Nugroho, arkeolog dari BPCB Jawa Timur, penggalian hingga 1,70 meter didapati struktur dinding yang masih kondisi bagus sehingga memungkinkan untuk dipugar. Hingga kedalaman 1,70 meter tim BPCB belum menemukan lantai dasar.

"Luas struktur bangunan yang sudah digali 9,18 meter kali 10 meter. Ekskavasi direncanakan hingga mencapai kedalaman 2, 5 meter dan diharapkan ditemukan struktur bangunan lain," ujar Wicaksono.

Umar Sanusi | Jombang, Jawa Timur


icon featured

Popular

icon featured

Related Article

icon featured

Comments