youtube channel

Channels

BMKG: Waspada, Suhu Dingin Ekstrim di Jawa Timur Akhir Juni 2019

BMKG: Waspada, Suhu Dingin Ekstrim di Jawa Timur Akhir Juni 2019

Arif, Prakirawan BMKG Juanda Surabaya.

BMKG menghimbau warga Jawa Timur agar waspada terjadinya suhu dingin ekstrim hingga minimum 16 derajat Celcius, pada akhir bulan ini.

antvklik.com - - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperkirakan pada akhir Juni 2019 hingga pertengahan Agustus 2019 mendatang akan terjadi angin Muson Timur.

Menurut Arif, Prakirawan BMKG Juanda Surabaya, hembusan angin Muson Timur membawa massa udara dari benua Australia yang bersifat dingin ekstrim dan kering yang suhunya mencapai 16 derajat celcius. Puncaknya, akan terjadi pada akhir Juni 2019 hingga pertengahan Juli 2019 mendatang.

Ia menambahkan, berdasarkan data BMKG, kondisi sebagian besar wilayah di Jawa Timur saat ini, sudah masuk puncak musim kemarau akan terasa panas dan kering pada siang hari. Sedangkan malam-pagi harinya, udara terasa dingin.

“Untuk suhu minimum di wilayah dataran rendah seperti di Surabaya dan Sidoarjo berkisar 21-22 derajat Celcius. Namun untuk wilayah dataran tinggi seperti di Gunung Bromo dan Kota Batu Malang, suhu minimumnya bervariasai mulai dari 2-16 derajat Celcius,” jeasnya.

Dijelaskan Arif, fenomena udara dingin yang terjadi pada musim kemarau dikarenakan pada saat puncak kemarau, cerah dan tak tertutup awan. Radiasi sinar matahari yang diterima oleh bumi, akan dipancarkan kembali ke angkasa pada malam harinya. Keadaan ini akan berlangsung hingga Agustus 2019 mendatang.

Fenomena udara dingin ekstrim akibat hembusan angin Muson, tidak hanya di Jawa Timur saja, namun juga diperkirakan akan terjadi di wilayah Jawa Tengah, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur dan Bali.

(Khumaidi | Sidoarjo | Jawa Timur)


icon featured

Popular

icon featured

Related Article

icon featured

Comments