youtube channel

Channels

BKSDA Jawa Timur Gagalkan Penyelundupan Ratusan Kulit Ular Ke Turki

BKSDA Jawa Timur Gagalkan Penyelundupan Ratusan Kulit Ular Ke Turki

BKSDA Jawa Timur Gagalkan Penyelundupan Ratusan Kulit Ular Ke Turki (Foto: ANTV/Happy Oktavia)

Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jawa Timur gagalkan penyelundupan ratusan kulit ular sanca kembang yang akan diselundupkan ke negara Turki.

antvklik.com - BKSDA Jawa Timur menyita ratusan kulit ular sanca kembang yang akan diselundupkan ke negara Turki, melalui Bandara Banyuwangi.

Kasus ini terungkap setelah petugas pemeriksaan curiga dengan barang bawaan dua warga negara asing (WNA) asal Turki. Setelah tas dimasukkan ke dalam mesin x ray ditemukan barang mencurigakan. Petugas kemudian membongkar barang bawaan tersebut yang ternyata isinya 142 lembar kulit ular sanca.

Menurut pengakuan dua warga negara asing tersebut, kulit ular asalnya dari Denpasar, Bali dan akan dibawa ke Turki.

Untuk jenisnya adalah sanca kembang (python retikulatus). Meski bukan satwa dilindungi namun satwa ini masuk dalam daftar Appendix II Cites, yaitu peredarannya harus dikontrol dengan menggunakan dokumen cirinya. Sebab jika tidak dikontrol akan terjadi kepunahan jika diburu secara masif,” kata Vivi Primayanti, Kepala Resort Konservasi Wilayah 14 Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jawa Timur.

Untuk dua WNA asal Turki tetap diperbolehkan melanjutkan perjalanannya namun ratusan kulit ular sanca kembang disita BKSDA Jawa Timur,” lanjut Vivi Primayanti.

Happy Oktavia | Banyuwangi - Jawa Timur


icon featured

Popular

icon featured

Related Article

icon featured

Comments