youtube channel

Channels

Bisnis menjodohkan Ikan Louhan Antarkan Jadi Jutawan

Bisnis menjodohkan Ikan Louhan Antarkan Jadi Jutawan

Bisnis menjodohkan Ikan Louhan Antarkan Jadi Jutawan

www.antvklik.com - Berawal dari hobi, seorang pemuda 22 tahun asal Palembang, Hendra Saputra kini sedang menikmati manisnya bisnis budidaya ikan louhan. Kemampuannya menjodohkan pasangan ikan louhan membuatnya mampu membudidayakan ratusan ikan louhan di kediamannya di Jalan Sultan Agung Satu Ilir, Palembang. Bahkan pemasarannya hampir diseluruh Indonesia.

antvklik.com - Digerainya dijalan Sultan Agung Satu Ilir, Hendra Saputra setiap harinya selalu rajin memberikan perawatan kepada ratusan ikan louhan yang siap jual. Ikan louhan yang sempat booming ditahun dua ribuan, kini kembali bergairah setahun terakhir. Jenis ikan louhan hasil ternaknya seperti Asedece Orithailand kini menjadi penopang hidup keluarga mahasiswa di Palembang ini. Kemauannya untuk terus belajar membuatnya fasih dengan tingkah pola ikan hias ini, salah satunya kemampuannya menjodohkan pasangan ikan louhan. Tekniknya cukup lazim, bahwa seorang pejantan memerlukan banyak betina untuk perkembangbiakan. Untuk itu butuh waktu selama satu minggu untuk memastikan perjodohannya. Awalnya ikan diberi sekat, jika terlihat tertarik tinggal disatukan dan setelah proses perkawinan, sang betina akan bertelur dimangkuk cobek yang disiapkan sehari setelahnya. Kelahirannya bisa mencapai ratusan anakan.

Anak-anakan ini harus dipisahkan di akuarium lain dan harus rajin mengganti air, hal ini dilakukan untuk menghindari serangan penyakit. Ikan yang layak jual berumur mulai sebulan hingga delapan bulan dengan harga 150 ribu sampai 10 juta rupiah. Hendra mampu meraih pendapatan jutaan rupiah perbulan. Pelanggannya tidak hanya dari Palembang, namun hampir seluruh kota ditanah air.

“Identik tergantung indukan jika ingin menjodohkan, jadi pada saat proses perjodohan tadi jika kita melihat indukan betina terlalu agresif untuk menjauh atau melakukan kontak fisik kepada pejantan sebaiknya tidak usah dilanjutkan. Proses ini berlanjut selama semingguu”ujar Hendra Saputra .

Galerinya ini selalu didatangi pecinta louhan, salah satunya Aziz. Dia pun rela merogoh kocek dalam demi memuaskan kecintaannya terhadap keindahan ikan louhan.

“Yang menarik dari louhan adalah warna terus jenong dan juga kulit atau sisik meski memang harganya dan perawatannya luamayan mahal ya mas”Ujar Aziz.

Selain membuka gerai, Hendra memanfaatkan media sosial sebagai sarana promosi. Bagaimana? Anda tertarik menjadi biro jodoh ikan louhan? Silahkan dicoba


icon featured

Popular

icon featured

Related Article

icon featured

Comments