youtube channel

Channels

Bendera Tidak Dapat Diturunkan, Anggota Koramil Wongsorejo Panjat Tiang

Bendera Tidak Dapat Diturunkan, Anggota Koramil Wongsorejo Panjat Tiang

Bendera Tidak Dapat Diturunkan, Anggota Koramil Wongsorejo Panjat Tiang (Foto: ANTV/Happy Oktavia)

Karena diduga lantaran angin kencang yang membuat tali bergeser dari relnya sehingga bendera Merah Putih yang berkibar di lapangan tidak dapat diturunkan.

newsplus.antvklik.com- Insiden tersangkutnya bendera di puncak tiang terjadi saat upacara penurunan bendera dalam rangka hari ulang tahun ke-74 RI di Kecamatan Wongsorejo Sabtu (17/8/2019). Insiden gagalnya penurunan bendera terekam telepon pintar warga dan menjadi viral di media sosial.

antvklik.com - Sebuah insiden bendera Merah Putih yang tersangkut di puncak tiang, terjadi saat upacara penurun bendera dalam rangka hari ulang tahun kemerdekaan ke-74 Republik Indonesia di lapangan Alasrejo, Kecamatan Wongsorejo, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

Peristiwa gagalnya penurunan bendera terjadi lantaran diduga angin kencang yang melanda kawasan tersebut.

Hingga lagu kebangsaan Indonesia Raya selesai dikumandangkan, petugas bendera dari Paskibra Kecamatan Wongsorejo belum bisa menurunkan bendera karena tali tersangkut dan tidak dapat digerakkan turun. Hingga akhirnya seorang anggota Koramil Wongsorejo, Sersan Satu TNI I Wayan Budiartono langsung memanjat tiang bendera.

Peristiwa ini langsung menjadi viral karena terekam video dari telepon genggam warga yang merekam peristiwa saat anggota Bintara Pembina Desa (Babinsa) Bajulmati naik ke puncak tiang bendera dan turun bersama bendera merah putih. Rekaman video ini pun, langsung menyebar dengan cepat di media sosial.

Danramil Wongsorejo, Kapten Inf Totok Yulianto, selaku inspektur upacara penurunan bendera membenarkan kalau tali bendera keluar dari rel sehingga bendera tidak dapat diturunkan.

"Setelah Sertu I Wayan Budiartono berhasil mencapai puncak, bendera Merah Putih berhasil diturunkan setelah talinya dimasukkan ke dalam rel dan bendera merah putih bisa diturunkan dan langsung dilipat oleh anggota koramil wongsorejo,” jelas Danramil Wongsorejo, Kapten Inf Totok Yulianto.

Padahal, sebelum upacara penurunan bendera dimulai beberapa panitia sempat melakukan pemeriksaan bendera karena pada pagi hari, bendera Merah Putih yang berkibar sempat melilit tiang bendera karena tiupan angin kencang.

Happy Oktavia | Banyuwangi-Jawa Timur


icon featured

Popular

icon featured

Related Article

icon featured

Comments