youtube channel

Channels

Belajar Sejarah dan Nikmati Alam di Lubang Jepang, Bukit Tinggi

Belajar Sejarah dan Nikmati Alam di Lubang Jepang, Bukit Tinggi

Lubang Jepang terletak dekat dengan Ngarai Sianok. (Shinta G)

Jangan lewatkan untuk berkunjung ke lubang Jepang jika berada di Bukittinggi, Sumatera Barat. Anda bisa menikmati wisata sejarah dan wisata alam secara bersamaan.

antvklik.com - Lubang Jepang Bukittinggi adalah salah satu objek wisata sejarah yang ada di Kota Bukittinggi, Sumatera Barat, Indonesia. Lubang Jepang merupakan sebuah terowongan (bunker) perlindungan yang dibangun tentara pendudukan Jepang sekitar tahun 1942 untuk kepentingan pertahanan, penyimpanan bekal dan peralatan perang.

Panjang terowongan mencapai 1.400 m dan berkelok-kelok. Dalam gua ini terdapat sejumlah ruangan seperti ruang pengintai, penyergapan, penjara, dan gudang senjata.

Diperkirakan puluhan sampai ratusan ribu tenaga kerja paksa (romusha) dikerahkan dari pulau Jawa, Sulawesi, dan Kalimantan untuk menggali terowongan ini. Pemilihan tenaga kerja dari luar daerah ini merupakan strategi kolonial Jepang untuk menjaga kerahasiaan megaproyek ini. Tenaga kerja dari Bukittinggi sendiri dikerahkan di antaranya untuk mengerjakan terowongan pertahanan di Bandung dan Pulau Biak.

Lubang Jepang mulai dikelola menjadi objek wisata sejarah pada tahun 1984, oleh pemerintah kota Bukittinggi. Beberapa pintu masuk ke Lubang Jepang ini diantaranya terletak pada kawasan Ngarai Sianok, Taman Panorama, di samping Istana Bung Hatta dan di Kebun Binatang Bukittinggi.


icon featured

Popular

icon featured

Related Article

icon featured

Comments