youtube channel

Channels

Bayi Kembar Siam Dempet Dada Perut Asal Kendari Berhasil Dipisahkan Usai Jalani Operasi Selama 5 Jam

Bayi Kembar Siam Dempet Dada Perut Asal Kendari Berhasil Dipisahkan Usai Jalani Operasi Selama 5 Jam

Tim dokter RSUD Dr Sutomo berhasil melakukan operasi pemisahan bayi kembar siam dempet perut-dada (Foto: ANTV/Sandi Irwanto)

Bayi kembar siam dempet dada-perut (thoracoabdomino phagus) asal Kendari, Sulawesi Tenggara, berhasil dipisahkan setelah menjalani operasi pemisahan di RSUD Dr Sutomo Surabaya, Jawa Timur.

antvklik.com - - Operasi pemisahan bayi kembar siam asal Kendari, Aqila dan Azila dimulai pukul 06.15 WIB dan selesai dilakukan pada pukul 11.55 WIB, lebih cepat dari jadwal yang diperkirakan selama 12 jam.

Ketua Tim Penanganan Kembar Siam RSUD Dr Soetomo, dokter Agus Harianto mengatakan kedua bayi juga telah menjalani operasi rekonstruksi pasca dipisah.

Kondisi kesehatan bayi Aqila dengan penanda warna hijau mengalami hernia umbilica atau tali pusar bolong dan ususnya masuk ke dalam. Saat operasi tali pusar, tim dokter memberikan pusar ke bayi hijau yakni bayi Aqila. Sementara bayi dengan penanda warna kuning Azila akan dibuatkan tali pusar.

Kondisi bayi kembar siam Aqila dan Azila Saat pembedahan stabil dan pendarahan selama operasi minim, hanya sekitar 10 cc. Meski berhasil dipisahkan, kedua bayi tersebut terus dalam pemantauan di tim dokter, terutama dari bahaya infeksi.

Sandi Irwanto | Surabaya | Jawa Timur


icon featured

Popular

icon featured

Related Article

icon featured

Comments