youtube channel

Channels

Papua Tampil Berani dan Terang

Papua Tampil Berani dan Terang

Batik Papua tampil dengan warna berani dan terang. (Foto: sariberitacoco.blogspot.com)

- Sejak tahun 2009 batik ditetapkan sebagai warisan budaya dunia oleh Unesco (Badan Pendidikan Kebudayaan Keilmuan dan Kebudayaan) PBB.

antvklik.com - Diperkirakan batik di Indonesia sudah ada sejak abad ke 18. Dulu batik tersentral di daerah Jawa seperti Jogyakarta, Solo, Pekalongan, dan Cirebon.

Pesona batik menarik daerah lain untuk ikut membuat batik dengan corak sendiri. Daerah yang ikut menciptakan motif batik adalah Papua. Tahun 1980-an Papua membuat kain dengan lukisan sendiri.

Meski belum sementereng batik Jawa, lambat laun batik Papua mulai disukai.

Batik Papua berbeda dengan batik daerah lain. Warnanya cenderung terang dan berani. Batik Papua juga dikenal memiliki filosofi yang tinggi dalam setiap guratannya.

Adalah Jimmy Affar seorang pria asli Papua yang menangkap peluang bisnis ini. Pulang merantau dari Jakarta, Jimmy membangun usaha batik dengan corak Papua. Jimmy pun memaksimalkan tenaga lokal Papua. Jimmy sempat belajar membatik selama 10 hari di Yogyakarta.

“Saya selalu libatkan mama-mama yang ada di sekitar sini. Biar mama ada kerjaan dan nambah penghasilan keluarga,” kata Jimmy.

Salah seorang mama yang membantu jimmy bernama mama Tina. Mama Tina mebuat batik sesuai permintaan Jimmy.

“Saya sudah tiga tahun ikut pak Jimmy. Saya biasa gambar motif di tempat Jimmy,” kata Tina

Jimmy membuat berbagai motif khas Papua. Diantaranya motif Asmat, Port Numbay, Serui, Waropen dan Raja Ampat, Kayu Pulau maupun Topati dan Entorps.

“Saya sebenarnya membuat motif sesuai daerah- daerah yang ada di tana Papua. Ada filosofi tiap batik. Bukan Cuma sekedar motif. Seperti gambar ikan dan Camar. Camar ambil ikan. Artinya ikan di laut Papua boleh diambil”.

Sama seperti batik Jawa, pembuatan batik Papua juga ada dua cara yaitu di tulis canting dan dicetak. “Kita ada yang cetak dan tulis. Tentu saja yang handmade lebih mahal,” aku Jimmy.

Untuk promosi batik milkinya, Jimmy acapkali ikut pameran di dalam hingga luar negeri. Ia juga sering mengadakan fashion show batik Papua dengan melibatkan pemenang putri daerah di Jayapura untuk mempromosikan bajunya.

“Saya kalau fashion show pakai cewe-cewe Papua. Biasanya yang menang pemilihan,” lanjut Jimmy

Batik milik Jimmy sekarang sudah dipakai banyak orang. Termasuk presiden Jokowi. Juga presiden sebelumnya, seperti Soesilo Bambang Yudhoyono.

Lewat batik, Papua mengenalkan dirinya. Lewat batik, Papua berbicara.


icon featured

Popular

icon featured

Related Article

icon featured

Comments