youtube channel

Channels

Bali Diguncang Gempa 4,9 SR, Getarannya Terasa Hingga Lombok

Bali Diguncang Gempa 4,9 SR, Getarannya Terasa Hingga Lombok

Bintang merah, pusat genpa Bali 4,9 Skala Richter (Sumber: BMKG).

Bali kembali diguncang gempa bumi . Kali ini kekuatan gempa sebesar 4,9 Skala Richter dan dirasakan hingga Lombok.

antvklik.com - - Gempa berkekuatan 4,9 Skala Richter yang mengguncang Bali terjadi pada Rabu (24/7/2019) Pukul 08.29 WIB.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat pusat gempa berada di 8,98 Lintang Selatan dan 114,17 Bujur Timur atau 84 kilometer Barat Daya Jembrana Bali. Sementara kedalaman gempa berada pada 71 kilometer.

Gempa dirasakan hingga ke sejumlah wilayah di Bali, seperti Kuta, Denpasar, Banyuwangi, Gianyar, Tabanan. Bahkan warga di luar Bali yakni Jember dan Lombok Utara juga merasakan gempa ini.

Kepala Balai Besar BMKG Wilayah III Denpasar Taufik Gunawan menjelaskan, gempa yang termasuk dalam kategori gempa kedalaman menengah ini akibat subduksi lempeng Indo-Australia yang menyusup ke bawah lempeng Eurasia.

“Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi ini dibangkitkan oleh deformasi batuan dengan mekanisme pergerakan jenis naik mendatar (obliwue thrust fault). Gempa tidak berpotensi tsunami," terangnya.

Taufik mengimbaui masyarakat agar agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Ia juga meminta warga, sebelum menempati kembali agar memeriksa dan memastikan kondisi rumahnya. Pastikan tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang dapat membahayakan kestabilan bangunan.

Sebelumnya, gempa berkekuatan 6 Skala Richter mengguncang Bali, Selasa (16/7/2019). Saat itu, sejumlah bangunan sekolah, rumah dan tempat sembahyang rusak diguncang gempa. (*)


icon featured

Popular

icon featured

Related Article

icon featured

Comments