youtube channel

Channels

Balap Perahu Nelayan ‘Jollorok’ Meriahkan HUT RI ke-74

Balap Perahu Nelayan ‘Jollorok’ Meriahkan HUT RI ke-74

Balap perahu jollorok meriahkan HUT ke-47 RI di Pangkep, Sulsel (Foto: Wawan Setyawan/ANTV)

Sebanyak 47 tim dari 3 kecamatan di Kabupaten Pangkep, Sulawesi Selatan, mengikuti balap perahu nelayan di sungai Pangkajene.

antvklik.com - - Peringatan Hari Kemerdekaan ke-74 Republik Indonesia diwarnai dengan beragam perlombaan unik. Salah satunya balapan perahu nelayan di Pangkep, Sulawesi Selatan.

Sebanyak 47 tim dari 3 kecamatan di Kabupaten Pangkep, Sulawesi Selatan, mengikuti lomba balap perahu nelayan di sungai Pangkajene, Jumat sore (16/8/2019). Nelayan Karangtaruna dan warga setempat turut serta dalam lomba yang digelar dalam rangka memperingati HUT ke-74 Republik Indonesia.

lomba perahu 2 Balap perahu jollorok di sungai Pangkajene, Pangkep, Sulsel (Foto: Wawan Setyawan/ANTV)

Para peserta terdiri dari 2 orang dalam satu tim ini sebelumnya telah mempersiapkan perahu pemancing atau disebut sebagai "jollorok" sepanjang 4-5 meter. Perahupun dicat dengan berbagai warna dan diberi bendera merah putih agar terlihat menarik.

Para peserta mengaku senang dengan perlombaan yang baru digelar ini, karena penuh tantangan dan memacu adrenalin dengan panjang lintasan sekitar 1 kilometer.

"Lombanya bagus, saya dapat juara 3. Tantangannya ada pada mesin. Lomba ini juga seru, menantang dan menguji adrenalin," ujar salah satu peserta Nawir.

Perlombaan ini merupakan babak penyisihan, peserta yang masuk ke babak berikutnya akan berlomba lagi hingga ke babak final pada Sabtu sore, dengan menggunakan mesin perahu jenis 24 PK.

Ketua panitia lomba jollorok, Wahid Perdana Putra mengatakan, animo warga pesisir di Kabupaten Pangkep sangat kuat untuk memeriahkan HUT ke-74 RI dengan lomba jollorok.

"Masyarakat di sini memang merupakan wilayah pesisir dan antusias warga cukup kuat untuk lomba jollorok ini, maka kami coba adakan lomba balap jollorok " ujar Ketua Panitia Lomba, Wahid Perdana Putra.

Selain menggelar perlombaan balap perahu sebagai puncak kegiatan, momentum Hari Kemerdekaan RI ke-47 ini juga disertai dengan perlombaan menangkap itik di sungai. Para panitiapun telah menyiapkan hadiah menarik bagi pemenang lomba.

Wawan Setyawan | Pangkep-Sulawesi Selatan


icon featured

Popular

icon featured

Related Article

icon featured

Comments