youtube channel

Channels

Balap Liar Jelang Sahur Dibubarkan, 150 Motor Disita

Balap Liar Jelang Sahur Dibubarkan, 150 Motor Disita

Balap Liar Jelang Sahur Dibubarkan, 150 Motor Disita

Aksi balap liar ini kerap muncul pada malam bulan puasa hingga menimbulkan keresahan masyarakat. Selain suaranya yang bising juga balap liar ini mengancam keselamatan pengguna jalan

antvklik.com - - Aparat gabungan dari Polres Jepara, Jawa Tengah, membubarkan aksi balap motor liar di Jalan Sukarno-Hatta, Jepara, Jawa Tengah. Aksi balap motor yang digelar dini hari hingga menjelang waktu sahur ini membuat resah masyarakat karena suaranya yang bising juga mengganggu keselamatan pengguna jalan. Sedikitnya 150 sepeda motor disita petugas lantaran tidak dilengkapi surat-surat berkendara.

Setelah mengetahui kedatangan polisi, puluhan remaja pengendara sepeda motor yang akan menggelar aksi balap liar berhamburan di Jalan Sukarno-Hatta, Jepara, Jawa Tengah. Bukan hanya pengendara sepeda motor, puluhan di antaranya yang sedianya hanya akan menonton balap liar pun turut berlarian sesaat setelah petugas tiba.

Polisi menghentikan pengedara sepeda motor yang tidak dilengkapi alat keselamatan berkendara. Sebagian dari mereka diminta untuk mendorong sepeda motor dengan telanjang dada setelah sempat terlibat aksi kejar-kejaran.

Pembubaran aksi balap liar ini melibatkan seluruh Satuan Polres Jepara dengan jumlah 109 personel. Catatan kepolisian setempat, aksi balap liar ini kerap muncul pada malam bulan puasa hingga menimbulkan keresahan masyarakat. Selain suaranya yang bising juga balap liar ini mengancam keselamatan pengguna jalan lainnya. Biasanya balap liar digelar dini hari hingga memasuki saat menjelang sahur.

Dari hasil razia balap motor liar ini polisi menyita 150 unit sepeda motor lantaran tidak dilengkapi surat berkendara. Polisi juga mengimbau para remaja khususnya yang terlibat balapan liar agar tidak mengulangi aksinya dan melengkapi kendaraannya sesuai standar. Sepeda motor yang ditilang untuk sementara diamankan di Mapolres Jepara hingga satu bulan ke depan atau seusai Ramadan.

Sementara itu, catatan redaksi, balap liar di Jepara mengalami peningkatan saat Ramadan. Saat hari biasa, balap liar biasa dilakukan pada malam tertentu saja. Tapi saat bulan Ramadan, balap liar dilakukan kerap setiap malam. Pelaku balap liar beraksi mulai pukul 23.00 WIB hingga menjelang waktu makan sahur. Jalan raya yang kerap dijadikan arena balap liar yaitu di jalan nasional tepatnya di ruas Tahunan- Ngabul. Titik lainnya yaitu di jalan provinsi di ruas Kecamatan Mlonggo.

Peran orangtua, guru, dan tokoh masyarakat diharapkan untuk dapat membantu mengarahkan para pemuda dari kebiasaan berbalap liar di jalan raya ini.

I Galih Manunggal I Jepara I Jawa Tengah I


icon featured

Popular

icon featured

Related Article

icon featured

Comments