youtube channel

Channels

Bahaya Merkuri Mengintai Kaum Hawa Indonesia

Bahaya Merkuri Mengintai Kaum Hawa Indonesia

Razia kosmentik berbahaya di Binjai, Sumatera Utara. (Foto:Taufik Hidayat/ ANTV).

BPOM merazia ruko di Binjai, Sumatera Selatan. Ratusan kotak kosmetik mengandung merkuri disita. Bahaya Merkuri telah mengintai kaum hawa Indonesia. Bahaya apa saja yang timbul akibat merkuri? .

newsplus.antvklik.com- Kamis, 15 Agustus 2019, Balai Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Provinsi Sumatera Utara merazia rumah toko (ruko) di Kota Binjai. Ruko ini diduga sebagai tempat penyimpanan kosmetik yang mengandung bahan berbahaya.

antvklik.com - Hasilnya, ratusan kotak kosmetik bebagai jenis disita petugas. Kosmetik yang disita positif mengandung Merkuri. Merkuri adalah zat berbahaya yang biasa digunakan dalam kosmetik sebagai bahan pemutih pada kulit.

Seperti dikutip dalam halodoc.com merkuri menyebabkan berbagai macam gangguan kesehatan. Bahaya apa saja yang timbul akibat kosmetik abal-abal berbahan merkuri.


  • Menyebabkan Kerusakan pada Sistem Pencernaan, Saraf, dan Ginjal

Merkuri bersifat korosif untuk kulit. Mengoleskan kosmetik yang mengandung merkuri secara terus-menerus akan membuat kulit semakin tipis dan membuat kerusakan pada kulit maupun kesehatan kamu. Merkuri dapat meresap ke dalam kulit dengan cepat dan paparan merkuri yang tinggi nyatanya dapat menyebabkan kerusakan pada saluran pencernaan, sistem saraf, dan ginjal.


  • Dapat Memperlambat Pertumbuhan Janin

Para

dokter kandungan biasanya menyarankan para ibu yang sedang mengandung untuk tidak menggunakan kosmetik selama kehamilan. Ini untuk menghindari dampak merkuri pada kosmetik untuk tumbuh kembang janin dalam perut.

Terlalu sering terpapar kandungan merkuri nyatanya membuat janin akan lambat dalam tumbuh kembang. Bahkan yang paling parah, kandungan merkuri dapat menyebabkan keguguran pada ibu hamil. Sebaiknya ibu hamil menggunakan bahan-bahan alami untuk merawat kesehatan kulit atau pun wajah, agar ibu maupun bayi tetap sehat.


  • Membuat Kulit Semakin Pucat dan Flek

Penggunaan kosmetik mengandung merkuri nyatanya bukan akan membuat kulit kamu putih merona, melainkan putih pucat dan justru akan membuat masalah baru pada wajah yaitu flek hitam. Sebaiknya pilih produk yang benar-benar alami agar tidak menimbulkan masalah baru kedepannya untuk wajah kamu maupun kesehatan kamu.


  • Iritasi Kulit

Pada kulit, merkuri nyatanya dapat menyebabkan iritasi dan juga gangguan ringan pada kulit. Biasanya, iritasi yang muncul pada kulit berupa gatal-gatal, kulit menjadi kemerahan, dan ruam pada kulit. Penggunaan merkuri dalam jangka panjang pada kulit akan berdampak serius pada jangka panjang.


  • Kanker Kulit

Yang paling parah dari dampak penggunaan kosmetik yang mengandung merkuri adalah penyakit kanker kulit. Kandungan merkuri bisa masuk ke dalam tubuh dan menyebabkan virus kanker akan menyebar ke seluruh tubuh.


  • Berkurangnya Fungsi Otak

Selain untuk kesehatan tubuh, bahaya logam merkuri juga menyebabkan berkurangnya fungsi otak pada tubuh kita. Lebih parahnya lagi merkuri bisa menyebabkan otak pada tubuh kita tidak berfungsi dengan baik.

Dari berbagai sumber.


icon featured

Popular

icon featured

Related Article

icon featured

Comments