youtube channel

Channels

Arus Balik Mudik, Jalur Selatan Macet Parah

Arus Balik Mudik, Jalur Selatan Macet Parah

Arus Balik Mudik, Jalur Selatan Macet Parah

Arus balik Lebaran pada Jumat (7/6/2019) petang, terjadi kemacetan parah di jalur selatan. Volume kendaraan dari arah Jawa Tengah dan sekitarnya yang masuk ke wilayah Jawa Barat, mengular panjang di jalur arteri dan jalur alternatif.

antvklik.com - - Kemacetan parah terjadi di Jalan Brigjen M. Isa atau tepatnya di persimpangan jembatan baru (jembar) hingga ke Persimpangan Cisaga-Kabupaten Ciamis. Kondisi ini membuat petugas lalu lintas bekerja keras hingga melakukan rekayasa lalu lintas.

Lantaran volume kendaraan terus meningkat, petugas dari Polres Banjar mengalihkan arus lalu lintas dari Jawa Tengah ke jalur alternatif Cimaragas, Manonjaya, hingga Tasikmalaya. Hal ini karena di Persimpangan Cisaga, telah terjadi penumpukan arus lalu lintas yang merupakan lokasi titik pertemuan arus dari arah Banjar menuju Ciamis dan menuju Cirebon maupun sebaliknya.

Sukardi (61) warga Lomanis, Cilacap, Jawa Tengah mengatakan bahwa dirinya terjebak macet selama satu jam setelah masuk wilayah Kota Banjar. Ia bersama keluarga hendak balik ke Bogor setelah berlebaran di kampung halaman.

"Hampir satu jam saya terjebak macet di sini, lumayan cukup melelahkan," ujarnya.

Hal yang sama dikatakan Aan Dahlan (49) warga Banyumas. Ia akan menuju ke Bandung dengan keluarganya menggunakan kendaraan mobil pribadi. Menurutnya, ia cepat pulang ke Bandung lantaran pada Senin depan sudah mulai masuk kantor.

"Saya sengaja pulang cepat dari Banyumas karena hari Senin sudah harus masuk kantor. Saya kira jalan akan lenggang, tapi malah terjebak macet," katanya.

Petugas dari Polres Banjar terus malakukan rekayasa lalu lintas karena kemacetan di jalur utama semakin parah. Namun, kondisi serupa juga terjadi di jalur alternatif Cimaragas.

Kendaraan arus balik bercampur dengan arus wisata dari arah Pangandaran di Persimpangan Gardu, Kota Banjar, Jawa Barat. Kendaraan mengular hingga lima kilometer lebih masuk ke dalam kota.

"Kami bersama anggota terus mengatur arus lalu lintas, diperkirakan volume kendaraan yang memasuki wilayah Kota Banjar petang ini meningkat hingga 45 persen," ujar Kompol Shohet, Kabag Ops Polres Banjar.

Diprediksi volume kendaraan arus balik ini akan terus meningkat hingga akhir pekan nanti. Kemacetan di jalur arteri tidak hanya terjadi di Gentong maupun Nagreg, tapi juga terjadi di beberapa titik di wilayah Ciamis, Tasikmalaya hingga ke arah Cirebon via Rancah, Kabupaten Ciamis.

| Hermanto | Banjar | Jawa Barat |


icon featured

Popular

icon featured

Related Article

icon featured

Comments