youtube channel

Channels

Angin Australia Sebabkan Suhu Drastis Pada Siang dan Malam di Kota Bandung

Angin Australia Sebabkan Suhu Drastis Pada Siang dan Malam di Kota Bandung

BMKG jelaskan fenomena angin Australia (Foto: Asep Barbara)

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Bandung menjelaskan perubahan suhu yang terjadi di Bandung diakibatkan oleh hembusan angin dari Benua Australia yang bersifat angin dingin dan menyebabkan suhu lebih dingin dari biasanya.

antvklik.com - - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Bandung menyebutkan, faktor angin Australia dan inter tropical convergence zone menyebabkan perubahan suhu yang sangat drastis antara malam dan siang hari di Kota Bandung dan Jawa Barat pada umumnya.

Inter tropical convergence zone membuat awan bergerak ke arah Utara ekuator, yang menimbulkan hilangnya awan di langit sekitaran pulau Jawa.

suhu kota bandung 1 Inter tropical convergence zone membuat awan bergerak ke arah Utara ekuator dan hilangnya awan di langit sekitaran pulau Jawa (Foto: Asep Barbara)

Perubahan suhu drastis antara malam dan siang hari yang melanda kawasan Kota Bandung khususnya dan umumnya Jawa Barat disebabkan oleh dua faktor alam yang biasa terjadi di musim kemarau.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Bandung menjelaskan perubahan suhu yang terjadi ini di akibatkan oleh hembusan angin dari Benua Australia yang bersifat angin dingin dan menyebabkan suhu lebih dingin dari biasanya.

Selain itu perubahan suhu antara malam dan siang hari yang sangat drastis pun disebabkan oleh adanya fenomena inter tropical convergence zone yang membuat awan bergerak ke arah Utara ekuator, sehingga sebagian besar pulau Jawa tidak di selimuti awan.

Hilangnya awan di langit pulau Jawa tersebut menyebabkan proses sinar matahari akan secara langsung turun ke bumi dan mengakibatkan suhu panas yang sangat di siang hari.

“Pada tahun ini yang terendah pada 15 derajat. Sekarang ini masih berfluktuasi, pagi hari masih sekitar 17 hingga 20 derajat, dan pada siang hari bisa melonjak sekitar 27 hingga 30 derajat dan 20 hingga 25 derajat pada malam hari “ ujar Yan Firdaus Permadi, Prakirawan BMKG.

| Asep Barbara | Bandung | Jawa Barat |


icon featured

Popular

icon featured

Related Article

icon featured

Comments