youtube channel

Channels

Aliansi Mahasiswa Tulungagung Demo Tolak Revisi UU KPK

Aliansi Mahasiswa Tulungagung Demo Tolak Revisi UU KPK

Aliansi Mahasiswa Tulungagung Demo Tolak Revisi UU KPK (Foto: ANTV/Aries Sutikno)

antvklik.com - Bersamaan dengan kegiatan road show Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), ke kampus Institut Agama Islam Negeri (IAIN), Tulungagung, Selasa(17/9/2019), puluhan anggota aliansi mahasiswa menggelar aksi unjuk rasa.

Aksi unjuk rasa menolak pelemahan, dan sebagai bentuk dukungan terhadap KPK, dalam pemberantasan korupsi ini, digelar mahasiswa di depan gerbang kampus IAIN Tulungagung, Jawa Timur. Aksi juga diikuti gabungan organisasi mahasiswa PMII, HMI, dan beberapa elemen lain.

Dalam aksi damai tersebut, para mahasiswa membentangkan spanduk dan poster, yang berisi aneka tuntutan. Berbagai tulisan yang mereka suarakan diantaranya, aliansi mahasiswa Tulungagung yang menolak revisi undang-undang KPK, jangan lemahkan KPK, dan kami bersama KPK.

Ratusan anggota Aliansi Mahasiswa Tulungagung menggelar demo di depan kampus IAIN. Mereka menolak upaya pelemahan KPK melalui revisi UU KPK.

Mereka melakukan orasi yang menyoroti langkah DPR dan pemerintah yang dinilai mengoyak independensi dan kekuatan KPK dalam pemberantasan korupsi dengan merevisi UU KPK. Salah seorang mahasiswa Rochimatur Robby mengatakan dalam aksi ini pihaknya menyuarakan empat poin tuntutan, yakni penguatan terhadap KPK, pengembalian independensi KPK, dan membebaskan KPK dari kepentingan politis.

"Selamatkan masa depan KPK dan penegakan antikorupsi di Indonesia. Yang terakhir kami menuntut integritas dan profesionalitas kinerja KPK dalam penegakan hukum terhadap pelaku korupsi," ujar Robby, Selasa (17/9/2019).

Pihaknya menambahkan adanya upaya pelemahan KPK dinilai akan mencederai semangat pemberantasan korupsi di Indonesia. Sebab, saat ini KPK menjadi salah satu lembaga yang cukup dipercaya masyarakat dalam memberantas para koruptor.

Selain menyoroti upaya pelemahan KPK dari luar, Robby menyebut, pihaknya meminta KPK melakukan perombakan dengan membersihkan orang-orang bermasalah yang ada di lingkup internal lembaga antirasuah itu.

Aries Sutikno | Tulungagung, Jawa Timur


icon featured

Popular

icon featured

Related Article

icon featured

Comments