youtube channel

Channels

Alat Batik Cap dari Limbah Kertas Hemat Biaya Produksi

Alat Batik Cap dari Limbah Kertas Hemat Biaya Produksi

Alat Batik Cap dari Limbah Kertas Hemat Biaya Produksi

antvklik.com - www.antvklik.com - Selama ini para perajin batik menggunakan canting untuk alat batik tulis dan menggunakan alat cap batik yang terbuat dari logam seperti tembaga atau kuningan untuk batik cap. Namun Nurrohmad warga Sewon, Bantul, Yogyakarta, berhasil membuat kreasi dan inovasi alat batik cap menggunakan limbah kertas seperti bekas kardus rokok, kardus obat, kardus produk makanan maupun minuman kemasan, sehingga menekan biaya produksi yang sangat banyak.

Limbah kertas 4- 750

Sepintas alat cap batik ini terbuat dari logam seperti halnya alat cap batik yang selama ini digunakan oleh perajin batik cap, namun jika dicermati dengan seksama, maka kita akan tahu bahwa alat cap batik ini terbuat dari limbah kertas, yakni bekas kardus sebuah produk makanan kemasan. Hal ini dapat dilihat dibalik alat cap batik terdapat potongan tulisan merk produk makanan ataupun rokok. Alat cap batik dari limbah kertas ini adalah hasil karya Nurrohmad, warga Desa Sawit, Panggungharjo Sewon, Bantul, Yogyakarta.

Awalnya Nurrohmad yang alumnus Institut Seni Indonesia(ISI) Yogyakarta ini hanya mencoba membuat alat batik cap dari limbah kertas yang terdapat di sekitar rumahnya. Ternyata setelah jadi, alat batik cap kertas dapat digunakan hingga ratusan kali, selanjutnya Nurrohmad mengembangkannya membuat berbagai macam alat batik cap dari limbah kertas untuk produksi batik di rumahnya.

Proses pembuatan alat batik cap kertas ini membutuhkan ketelitian dan kesabaran. Awalnya dibuat sket bentuk motif batik di atas kayu dengan menggunakan pensil, kemudian limbah kertas seperti bekas kardus produk makanan dan minuman kemasan, kardus obat, kardus rokok, susu dan lainnya dipotong - potong kecil dan ditempelkan di atas kayu yang sudah dilukis sket motif batik dengan menggunakan lem khusus. Setelah seluruh lukisan motif ditempeli kertas maka jadilah alat batik cap dari kertas dan dapat digunakan untuk membuat batik cap.

Menurut Nurrohmad, penggunaan limbah kertas ini dapat menghemat biaya produksi yang sangat banyak. Sebab untuk membuat alat batik cap dari logam membutuhkan biaya yang besar. Aumnus ISI Yogyakarta ini mengatakan, penggunaan limbah kertas ini untuk mengkampanyekan pemanfaatan limbah.Selain itu untuk menularkan ilmu dan kegemaran membatik. Bahwa membatik itu mudah dengan menggunakan alat apa saja bisa membatik.

limbah kertas 1- 750

“Ide membuat alat batik cap dari limbah kertas ini muncul sejak akhir tahun 2016 lalu. Selain untuk mengurangi sampah, harga alat batik cap berbahan kertas ini jauh lebih murah dibanding tembaga, yang harganya diatas Rp.500.000, “ ujar Nurohmad.

Untuk setiap pesanan alat batik cap dari kertas ini, Nurohmad mematok harga mulai dari Rp. 50.000 hingga Rp.150.000, tergantung ukuran dan tingkat kesulitan pengerjaan motif batiknya. Hasil kreativitas seniman batik ini telah tersebar di sejumlah kota besar di Indonesia.

Kreasi dan inovasi dari Nurrohmad ini bisa menjadi inspirasi bahwa limbah yang selama ini menjadi masalah ternyata jika diolah dengan baik akan menjadi berkah.

Demikian laporan Santosa Suparman dari Bantul, Yogyakarta.


icon featured

Popular

icon featured

Related Article

icon featured

Comments