youtube channel

Channels

Air Terjun Oenesu, Oase Sejuk di Tengah Gersangnya Kupang

Air Terjun Oenesu, Oase Sejuk di Tengah Gersangnya Kupang

Air terjun Oenesu, Kupang bak oase di padang pasir. (Foto: Diana Kharisma Putri).

Jalan-jalan ke Kota Kupang jangan lupa mampir ke air terjun Oenesu, kesegarannya bak oase di tengah padang pasir.

antvklik.com - - Jalan- jalan ke Nusa Tenggara tidak hanya mengunjungi taman wisata komodo ataupun menyusuri garis pantai yang indah. Tapi kamu juga bisa mengekplorasi pemandangan indah air terjun Oenesu. Air terjun ini sangat mengesankan. kesegaran air dan hijaunya pemandangan sekitar bak oasis di tengah keringnya daratan Kupang, Nusa Tenggara Timur.

Kupang memang dikenal kering dan panas. Namun dibalik itu terdapat air terjun Oenesu yang menjadi oase dari panasnya kota Kupang.
Wisata alam yang berada di Desa Oenesu, Kecamatan Kupang Barat, Kabupaten Kupang ini berjarak sekitar 20 kilometer dari Kota Kupang.

Air terjun Oenesu menjadi salah satu tempat favorit wisatawan lantaran pesona air terjun yang dikelilingi rerimbunan berbagai jenis pohon itu menjadi pilihan cocok menghalau rasa gerah dengan panasnya cuaca Kota Kupang pada musim kemarau.

Pada hari libur atau Minggu, objek wisata yang satu ini bisa dikunjungi lebih dari 1.000 orang.

Uniknya, Air Terjun Oenesu ini bertingkat-tingkat. Ada empat tingkat. Masing-masing tingkatan, di sela-selanya ada kolam-kolam yang terbentuk secara alamiah. Kolam-kolam inilah yang dimanfaatkan pengunjung untuk berenang-renang maupun berendam.

Pengelolaan tempat rekreasi Oenesu sudah dilakukan Pemerintah Kabupaten Kupang sejak awal 1990-an. Meski pengelolaannya terkesan apa adanya, belum maksimal.

Meski demikian, sejuknya udara dan indahnya pemandangan alam pohon-pohon besar yang mengeliling lokasi air terjun membuat nyaman dan enggan beranjak dari lokasi ini.

Seiring banyaknya wisatawan di lokasi ini, pemerintah daerah setempat hendaknya membenahi sarana transportasi dan ketersediaan alat angkutan umum untuk mengakses lokasi wisata alam favorit ini.

Bagi yang ingin berkunjung ke sini, sebaiknya bawalah bekal yang cukup karena di sini tidak kamu temui warung yang menjual makanan dan minuman.

Selamat bersenang-senang

Diana Kharisma Putri | ANTV


icon featured

Popular

icon featured

Related Article

icon featured

Comments