youtube channel

Channels

Ada Lomba Selancar, Pariwisata di Banyuwangi Makin Memancar

Ada Lomba Selancar, Pariwisata di Banyuwangi Makin Memancar

Ada Lomba Selancar, Pariwisata di Banyuwangi Makin Memancar

Ratusan peselancar dari berbagai daerah di Indonesia dan Mancanegara mengikuti lomba selancar di Pantai Pulau Merah, Banyuwangi, Jawa Timur Sabtu (6/7/2019).

antvklik.com - - Ketua Persatuan Selancar Ombak Indonesia Banyuwangi, Arifin menjelaskan, lomba selancar bertajuk Gandrung Surfing Competition, digelar selama dua hari dan berhadiah total Rp50 juta dan terdapat peserta termuda seorang gadis cilik berusia 8 tahun dari Jerman dan dari Provinsi Bali.

Peselancar cilik asal Jerman Ochilia (8) peserta lomba selancar asal Jerman

"Selain untuk menarik minat para pemuda berolahraga selancar ombak, lomba ini ini juga untuk meningkatkan kunjungan wisatawan di Pantai Pulau Merah Banyuwangi," ujar Arifin di Pantai Batu Merah, Sabtu (6/7/2019).

Menurut Arifin, Pantai Pulau Merah semula sangat sedikit peminat dari turis asing yang ingin menjajal ombak untuk berselancar, sebab jalan raya menuju kawasan itu belum beraspal dan belum ada hotel untuk para wisatawan menginap, dan kalaupun ada turis, mereka menginap di rumah warga desa.

Arifin menjelaskan kunjungan wisatawan dalam dan luar negeri meningkat pesat setelah digelar lomba selancar Internasional pada tahun 2014 untuk pertama kalinya.

"Jadi, Gandrung Surf Competition ini selain untuk menyalurkan hobi dan prestasi para peselancar, tentu juga untuk menarik minat para wisatawan lokal dan asing datang ke pantai pulau merah," ujarnya.

Tentu saja, semakin banyak wisatawan yang datang semakin menggeliat kegiatan ekonomi di desa tersebut.

Kehadiran peserta bisa menambah daya tarik wisata di Banyuwangi Kehadiran peserta bisa menambah daya tarik wisata di Banyuwangi

Pungki, pengurus Kelompok Masyarakat Desa Pancer menambahkan, meski sejumlah penginapan sudah berdiri, warga desa tetap bisa menjadikan rumah mereka sebagai "home stay" untuk wisatawan menginap.

Tarif hotel penginapan di kawasan pantai Pulau Merah berkisar Rp300 ribu hingga Rp600 ribu per malam, sedangkan tarif home stay hampir separuh dari tarif hotel.

Sementara untuk harga makanan di penginapan masih relatif murah, antara Rp15 ribu hingga Rp30 ribu, komplit nasi dengan lauk berupa ikan atau daging ayam.

| Chairul Achir | Banyuwangi | Jawa Timur |


icon featured

Popular

icon featured

Related Article

icon featured

Comments