youtube channel

Channels

Acerra Kalompoang, Tradisi Gowa Merajut Persatuan

Acerra Kalompoang, Tradisi Gowa Merajut Persatuan

Acerra Kalompoang, Tradisi Gowa Merajut Persatuan

antvklik.com - - Accera Kalompoang merupakan tradisi pencucian benda-benda pusaka kerajaan Gowa, Sulawesi Selatan, yang dimulai pada saat pemerintahan raja Gowa yang ke-14 dilakukan turun-temurun dan merupakan tradisi yang sakral, yang mampu salah satu maknanya dapat mempererat tali persaudaraan antar Kerajaan Gowa, Pemkab setempat dan masyarakat Gowa.

Prosesi pengambilan air (Allekka Je'ne) di sumur Bungung Lompoa(10/8/2019) Prosesi pengambilan air (Allekka Je'ne) di sumur Bungung Lompoa(10/8/2019)

Pasca sempat vakum sejak dua tahun lalu, ritual adat Accera Kalompoang kembali diadakan jelang dan bertepatan perayaan Idul Adha pada Minggu (11/8/2019)

Prosesi mengarak kerbau ( Palili Tedong) dan mengitari Istana Balla Lampoa. Prosesi mengarak kerbau ( Palili Tedong) dan mengitari Istana Balla Lampoa.

Untuk rangkaian acara dalam rangka Accera Kalompoang ini dimulai dari prosesi pengambilan air (Allekka Je'ne) di sumur Bungung Lompoa(10/8/2019) prosesi mengarak kerbau mengitari istana tiga kali (palili Tedong), dan diakhiri dengan penyembilahan kerbau (ammolong Tedong) di Istana Balla Lompoa, dan esok harinya usai mengikuti shalat Idul Adha ( 11/8/2019), diadakan upacara allangiri kalompoang, atau pencucian benda-benda utama pusaka kebesaran kebesaran Kerajaan Gowa .Upacara diakhiri dengan prosesi attitele, atau pelepasan hajat. Para keturunan Raja Gowa mengambil air dan darah kerbau untuk dibubuhi pada mahkota.

Kebersaman Raja Gowa Andi Kumala Idjo dan Bupati Gowa Adnan Purictha Ichsan. Kebersaman Raja Gowa Andi Kumala Idjo dan Bupati Gowa Adnan Purictha Ichsan.

Di sela-sela sambutan Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan YL di Istana Balla Lampoa (11/8/2019) menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Kapolres Gowa AKBP Shinto Silitonga beserta jajarannya, yang telah membantu Pemkab Gowa dan pihak keluarga Kerajaan Gowa atas upaya memfasiltasi pencabutan laporan di Mabes Polri yang telah dilaporkan terdahulu terkait perselisihan yang pernah terjadi sehingga Accare Kalompoang dapat kembali terselenggara

Bupati pun berharap Accera Kalompoang yang telah dilaksanakan kembali ini bisa terus dilaksanakan dan menjadi agenda tahunan.

Prosesi persiapan pencucian benda pusaka di dalam Istana Tamalatea Prosesi persiapan pencucian benda pusaka di dalam Istana Tamalatea.

Acara tradisi kerajaan Gowa ini sudah masuk dalam agenda dunia, Unesco. Accera Kalompoang berlangsung dengan aman, lancar dan sakral, diikuti berbagai kalangan masyarakat dengan mengenakan baju adat Makassar. Serta jajaran Polres Gowa menerjunkan polisi pariwisata yang bertugas mengamankan kegiatan dan turut melayani tamu yang ingin mendapatkan informasi tentang acara tersebut.

"Alhamdulillah, seluruh rangkaian Accera Kalompoang dapat berjalan dengan lancar hingga akhir. Dan acara ini dapat terselenggara kembali, semoga budaya Gowa semakin lestari dan Balla Lampoa dapat menjadi Epicentrum budaya nasional bahkan mancanegara," terang Kapolres Gowa Akbp Shinto Silitonga.


icon featured

Popular

icon featured

Related Article

icon featured

Comments