youtube channel

Channels

Peringatan 50 Tahun Pendaratan di Bulan, Ini Sederet Fakta Unik

Peringatan 50 Tahun Pendaratan di Bulan, Ini Sederet Fakta Unik

Misi Apollo 11 (Courtesy NASA)

antvklik.com - - Hari ini menandai tepat 50 tahun peringatan pendaratan manusia di Bulan. Adalah misi Apollo 11 pada 20 Juli 2019 yang sukses mendarat di Bulan setelah menempuh perjalanan 4 hari dari Bumi.

Dua dari tiga astronot Apollo 11 yang mendarat, yaitu Neil Armstrong dan Buzz Aldrin. Sedangkan Michael Collins tetap berada di orbit Bulan dalam Modul Komando (Command Module). Seperti apa cerita di balik pendaratan di Bulan? Berikut sederet fakta unik Apollo 11.

Dibantu Bolivia

Ternyata sebelum misi ke Bulan, Neil Armstrong pernah berkunjung ke Bolivia dua kali. Tentunya perjalanan Armstrong bukan untuk jalan-jalan. Alasannya lantaran observatorium di salah satu negara di Amerika Latin itu melaporkan temuan adanya “bulan kedua” yang terdiri dari kumpulan awan debu angkasa pada 1961.

Belakangan awan debu angkasa yang mengorbit persis seperti bulan diberi nama Awan Kordylewski, sesuai dengan nama penemunya, Kazimierz Kordylewski, seorang astronom asal Polandia.

Sementara, observatorium milik Universidad Mayor de San Andres dikenal sebagai satu dari sedikit tempat di Bumi yang dapat memantau awan debu angkasa pada masa itu.

Apollo 11 Neil Armstrong saat berkunjung ke Bolivia pada 1969 (Courtesy US Embassy Bolivia)

Neil Armstrong berkunjung ke Bolivia Pada 1966 untuk melakukan penelitian awan debu angkasa terkait misi ruang angkasanya. Pada 1969 atau pasca pendaratan di Bulan, Armstrong kembali ke Bolivia membawa cenderamata berupa batu Bulan sebagai bentuk terima kasihnya kepada para astronom di observatorium itu.

Tinggalkan Medali Yuri Gagarin

Guna memberi penghormatan penghormatan kepada para astronot dan kosmonot yang meninggal, Neil Armstrong dan Buzz Aldrin meninggalkan sejumlah barang di Bulan.

Barang-barang yang ditinggalkan antara lain badge Apollo 1 untuk mengenang Edward White, Roger Chaffee dan Virgil Grissom. Ketiga astronot itu tewas dalam Modul Komando yang terbakar saat tes sebelum penerbangan pada 27 Januari 1967.

Selain itu, Neil dan Aldrin meninggalkan medali untuk mengenang Vladimir Komarov dan Yuri Gagarin, dua kosmonot Uni Soviet yang gugur dalam tugas. Komarov tewas saat wahana Soyuz 1 yang kembali ke Bumi gagal mengeluarkan parasut pada 1967.

Sebelumnya, Komarov dipilih terbang memimpin Soyuz 1 dengan Yuri Gagarin sebagai kosmonot cadangan. Para kosmonot tahu, pesawat Soyuz 1 masih bermasalah. Tapi Komarov tetap bersikeras terbang, karena jika menolak maka Gagarin yang terpaksa pergi. Komarov memilih terbang untuk melindungi Gagarin.

Sedangkan Yuri Gagarin, yang dikenal sebagai orang pertama terbang di ruang angkasa, juga tewas saat latihan terbang dengan pesawat MiG-15 dekat Moskow pada 27 November 1968. Pesawatnya jatuh saat bermanuver menghindari sebuah balon cuaca.

Main Film

Setelah pensiun dari astronot, Buzz Aldrin dan dan Michael Collins sempat main film, lho. Seperti Buzz Aldrin yang mulai tampil dalam film The Boy in the Plastic Bubble pada 1976 atau 7 tahun pasca pendaratannya di Bulan.

Aldrin juga dalam sejumlah serial televisi, baik sebagai bintang tamu atau hanya mengisi suara untuk sejumlah film kartun termasuk film The Simpsons. Umumnya Aldrin tampil sebagai diri sendiri saat berakting.

Apollo 11 Buzz Aldrin saat diundang ke Gedung Putih oleh Presiden Donald Trump (Courtesy: Reuters)

Salah satu film Hollywood yang pernah dibintangi Aldrin adalah Transformer: Dark of The Moon. Dalam akting di film itu, Aldrin berperan sebagai diri sendiri. Ia menjelaskan kepada Optimus Prime dan Autobot, misi rahasia Apollo 11 adalah menyelidiki kapal Cybertronian di Bulan yang keberadaannya dirahasiakan.

Sementara Michael Collins juga pernah main film Hollywood meski perannya tidak terlalu banyak. Collins tampil dalam film berjudul Youth in Revolt pada 2009. Ia berperan sebagai orangtua dalam film bergenre drama komedi itu. Berbeda dari Buzz Aldrin dan Michael Collins, Neil Armstrong memilih tidak main film apa pun.


icon featured

Popular

icon featured

Related Article

icon featured

Comments