youtube channel

Channels

Ultralight Hiking Cara Baru Mendaki Gunung Terasa Lebih Ringan, Berani Coba!

Ultralight Hiking Cara Baru Mendaki Gunung Terasa Lebih Ringan, Berani Coba!

Ultralight Hiking Cara Baru Mendaki Gunung Terasa Lebih Ringan, Berani Coba!

antvklik.com - - Tidak segala hal harus kamu bawa saat mendaki, mendaki bukan buat gaya-gayaan jadi sebaiknya bawa yang benar-benar penting saja. Kamu juga harus melakukan packing dengan benar agar tidak membuat badan mu pegal saat melakukan perjalanan.

Pernah dengar istilah ultralight hiking? Ultralight hiking merupakan sebutan suatu cara atau teknik melakukan pendakian atau survival ke alam bebas dengan sederhana. Sederahana bukan berarti melupakan atau menomor duakan keselamatan, melainkan mengurangi bobot dalam melakukan pendakian. Ingin mencoba Ultralight hiking berikut langkah-langkahnya.

Pemilihan Carrier

Ultralight Hiking, Cara Mendaki Gunung Agar Terasa Lebih RinganUltralight Hiking Mendaki Gunung Terasa Lebih Ringan (source : youtube.com)

Naik gunung sudah pasti memerlukan carrier untuk membawa semua perlengkapan mu. Selain kuat, carrier dapat menampung banyak barang layaknya koper, namun lebih praktis. Praktis asal kamu tahu cara melakukan packingnya, ingat jangan asal-asalan.

Tapi, carrier juga merupakan benda yang tidak ringan, kamu harus jeli soal itu. Jangan kamu pikir carrier tidak menambah beban mu, beberapa ada yang tidak nyaman juga. Jadi usahakan kamu jeli dalam memilih carrier ya, selain itu pakai carrier yang sesuai dengan berapa lama kamu akan bermalam atau melakukan perjalanan. Jika hanya dua hari lebih baik membawa yang 45 L, tidak perlu yang 75 L, itu sudah cukup untuk menampung perlengkapan mu.

Pemilihan Tenda

Ultralight Hiking Mendaki Gunung Terasa Lebih Ringan (source : youtube.com)

Salah satunya adalah tenda, tenda merupakan benda penting yang ga boleh kamu tinggal. Namun tenda juga bisa menjadi beban besar untuk mu.

Jadi kamu harus perhitungan dengan merek serta bobotnya, kamu harus memperhatikan kapasitas tenda dengan jumlah anggota kelompok mu. Bawalah tenda yang sesuai dengan jumlah kelompok mu, jangan membawa yang terlalu besar karena akan membuat mu pegal.

Sleeping Bag

Cara Jitu Dalam Membeli Sleeping BagUltralight Hiking Mendaki Gunung Terasa Lebih Ringan (source : youtube.com)

Bisa dikatakan ini adalah dilema bagi para pendaki saat memilih sleeping bag. Sleeping bag, merupakan bahan utama agar tubuh kita tetap hangat saat tidur di gunung. Namun, saking tebalnya sleeping bag berarti semakin memakan banyak tempat dan berat bobotnya.Untuk menyiasati hal ini, saya pribadi menjatuhkan pilihan saya kepada sleeping bag eiger jenis mummy.

Mengapa saya memilih ini? Pertama jenis mummy merupakan sleeping bag yang memiliki bentuk paling pas bagi para pendaki. Bagian atas mengikuti bentuk tubuh dan bagian bawah mengikuti bagian kaki, sehingga membuat tubuh kita lebih hangat. Di sleeping bag ini juga terdapat penutup kepala.

Matras

Ultralight Hiking Mendaki Gunung Terasa Lebih Ringan (source : youtube.com)

Mau tidur digunung tidak ada matras ibarat masak nasi tapi lupa menyalakan tombol memasaknya, alias setengah mateng. Memang sudah ada sleeping bag, namun akan lebih baik jika menambah matras untuk menghalau dingin, kotoran, serta basah dari tanah.

Kebanyakan orang memilih menggunakan matras karet, memang tebal namun ia juga berat. Nah, ada satu tips untuk mengurangi beratnya, yaitu mengganti yang berbahan karet dengan yang berbahan alumunium foil. Bahan ini jauh lebih ringan dan lebih tipis sehingga tidak memakan banyak ruang. Soal hangat matras ini tidak kalah dengan yang berbahan karet. Selain itu harganya terbilang murah dimulai dari Rp. 25K - Rp. 70K tergantung dari ukuran dan mereknya.


icon featured

Related Article

icon featured

Popular

icon featured

Comments