youtube channel

Channels

Tips Lancar Berpuasa Bagi Penderita Maag

Tips Lancar Berpuasa Bagi Penderita Maag

Tips Lancar Berpuasa Bagi Penderita Maag

antvklik.com - - Penyakit maag dalam istilah medis disebut penyakit gastritis atau tukak lambung, dimana penyakit ini bukanlah penyakit sebenarnya, melainkan penyakit maag adalah suatu gejala dari peradangan pada lambung yang di sebabkan oleh virus/bakteri Helicobacter pylori yang mengakibatkan luka di lambung. Akan tetapi, ada juga faktor lain yang bisa memicu maag seperti seperti stres, pola hidup tak sehat dan pola makan yang tidak teratur.

Kini sudah memasuki bulan ramadhan, dan seluruh umat Islam akan berpuasa. Namun, jangan khawatir bagi kalian yang ingin berpuasa bagi penderita maag. Berikut beberapa tips untuk mengatasi penyakit maag saat berpuasa yang dilansir dari health.com dan dikutip oleh ANTV :

1. Saat Sahur


  • Hindari makanan tinggi lemak, karena dapat menyebabkan gangguan pencernaan. Ini dapat memicu kembung dan nyeri ulu hati saat sahur.

  • Makanlah porsi makan secukupnya sesuai kebutuhan. Jika Anda makan banyak dapat menyebabkan akumulasi lemak dalam sistem pencernaan.

  • Pilihan makanan yang mengandung karbohidrat yang baik. Seperti karbohidrat kompleks seperti kacang-kacangan, kentang, gandum dan beras merah.

  • Konsumsilah makanan tinggi serat. Makanan ini dicernanya lebih lambat dan menjadikan puasa lancar.

  • Hindari minuman berkafein, karena minuman berkafein dapat memicu gangguan lambung. Jangan minum kopi teh pekat atau minuman cokelat hangat saat sahur.

  • Hindari makanan yang diproses atau makanan junk food. Makanan ini sulit dicerna usus dan akan mengganggu kesehatan Anda.

  • Jangan langsung tidur usia sahur. Lebih baik beraktivitas fisik untuk mencegah obesitas.

  • Selama berpuasa, saat sahur Anda tetap diminta untuk banyak minum air putih. Langkah ini dapat mencegah kemungkinan dehidrasi yang mengganggu sistem pencernaan penderita maag.

Tips Lancar Berpuasa Bagi Penderita Maag Tips Lancar Berpuasa Bagi Penderita Maag


2. Saat Berbuka Puasa


  • Saat memulai berbuka, jangan langsung makan berat. Hal ini akan menyiksa pencernaan Anda dan terjadilah gangguan maag pada diri Anda.

  • Berbuka puasalah dengan tiga buah kurma setiap hari. Lalu pergilah salat dan mengawali makan seporsi kecil sebelum tarawih.

Dengan memahami pola makan seperti dijelaskan diatas maka akan dapat membantu bagi yang mempunyai sakit maag. Jadi Anda tetap dapat berpuasa selama Ramadhan dengan aman dan lancar tanpa harus was-was kambuh. Selamat menunaikan ibadah puasa.

Tips Lancar Berpuasa Bagi Penderita Maag Tips Lancar Berpuasa Bagi Penderita Maag


icon featured

Popular

icon featured

Related Article

icon featured

Comments