youtube channel

Channels

Tidak hanya di Indonesia, Tradisi mudik juga ada di 5 Negara ini!

Tidak hanya di Indonesia, Tradisi mudik juga ada di 5 Negara ini!

Tidak hanya di Indonesia, Tradisi mudik juga ada di 5 Negara ini!

antvklik.com - - Sudah menjadi tradisi saat libur lebaran sebagian besar warga Indonesia melakukan tradisi mudik, atau pulang ke kampung halaman. Karena, kebanyakan kota-kota besar di Indonesia, penghuninya adalah perantau.

Para perantau biasanya memanfaatkan tradisi mudik untuk berkumpul bersama keluarga. Tapi selain itu, mudik juga bisa menjalin silahturahmi dengan kerabat dan kawan masa kecil. Nyatanya, tradisi mudik ini tidak hanya di Indonesia saja.

Berikut negara-negara di dunia yang memiliki tradisi mudik :

1. India

Negara ini juga memiliki perayaan lebaran yang meriah, walaupun populasi warga muslim di negara tersebut termasuk golongan minoritas. Fenomena mudik di India yang terbesar berlangsung setiap bulan Oktober. Saat itu, sebagian besar warga India akan merayakan Festival of Lights atau diwali. Perayaan ini meriahnya sama dengan perayaan Idul Fitri di negara-negara Islam. Warga India akan pergi ke kampung halaman mereka. Pemandangan mudik di negara ini lebih heboh dibanding di Indonesia. Transportasi umum seperti kereta api akan penuh sesak hingga banyak warga yang bergelantungan di pintu, jendela hingga di atap kereta.

2. Arab Saudi

Negara Arab Saudi salah satu negara di dunia dengan jumlah penduduknya muslim, maka tidak heran jika warga muslim di negara ini juga melakukan mudik atau pulang ke kampung halamannya masing-masing saat menjelang lebaran. Biasanya, masing-masing daerah menggelar festival yang menampilkan pagelaran teater, pertunjukan musik dan kesenian lainnya. Untuk anggota keluarga yang tinggal di rumah akan mendekorasi rumahnya seindah mungkin dan menyiapkan aneka masakan khas lebaran yang lezat guna menyambut anggota keluarga lain yang sedang melakukan pulang kampung.

3. Bangladesh

Merantau ke kota-kota besar untuk bekerja demi memperbaiki nasib juga banyak dilakukan oleh masyarakat di negara Bangladesh. Makanya, saat menjelang Hari Raya Idul Fitri, para perantau tersebut akan pulang kampung atau mudik. Beberapa hari menjelang lebaran semua rute transportasi baik darat, laut dan udara akan dipenuhi oleh pemudik. Bangladesh juga merupakan negara yang memiliki populasi muslim yang cukup besar sehingga saat Idul Fitri tiba perayaan di berbagai wilayahnya akan terasa hidup.

4. Pakistan

Momen mudik di Pakistan juga sama dengan Bangladesh ataupun Indonesia yaitu saat menjelang Hari Raya Idul Fitri. Arus mudik bisa dilihat dari jalur-jalur utama penghubung antar wilayah yang akan penuh sesak oleh kendaraan pemudik serta angkutan umum yang hampir tidak menyisakan ruang untuk bernafas. Arus mudik Pakistan sangat padat, dimana jalur utama yang menghubungkan antar wilayah akan selalu penuh dan sesak menjelang lebaran.

5. Turki

Negara yang pernah menjadi pusat pemerintahan kesultanan Islam terbesar di dunia ini memiliki jumlah penduduk muslim yang besar. Sehingga , Hari Raya Idul Fitri di sana dirayakan sangat meriah dengan diawali salat Ied berjamaah. Idul Fitri di Turki dikenal dengan istilah Bayram. Yang paling khas adalah momen sesaat sebelum lebaran dimana sanak keluarga yang tinggal di perantauan akan pulang kampung untuk berkumpul dan merayakan Idul Fitri bersama-sama.


icon featured

Popular

icon featured

Related Article

icon featured

Comments