youtube channel

Channels

Tak Hanya Memiliki Keindahan Bunga Tabebuya Simpan Banyak Manfaat

Tak Hanya Memiliki Keindahan Bunga Tabebuya Simpan Banyak Manfaat

Tak Hanya Memiliki Keindahan Bunga Tabebuya Simpan Banyak Manfaat

- Tanaman bunga Tabebuya kini menjadi penghias sepanjang perjalanan kota Surabaya. Bunga cantik yang disebut-sebut mirip dengan bunga sakura dijepang ini mengubah wajah kota Surabaya seakan berada di Negeri Sakura, Jepang.

antvklik.com - Bunga yang memiliki warna beragam ini menjadi favorit warga untuk berfoto karena keindahannya.

Tak hanya menyuguhkan kecantikan dan keindahan yang memanjakan mata, bunga Tabebuya ini punya manfaat tak terduga untuk kesehatan.

Mengutip Science Direct, berbagai spesies dari bunga tabebuya ini sudah digunakan sejak zaman dulu di wilayah Amazon untuk mengobati berbagai penyakit.

Beberapa di antaranya adalah sifilis, demam, malaria, infeksi menular, sampai masalah pencernaan. Mulai tahun 1960 tanaman bunga tabebuya ini diklaim bisa mengobati penyakit kanker, khususnya di daerah Brazil.

Karena hal itu akhirnya penjualan tanaman bunga tabebuya ini melonjak mulai dari kulit batang dan batang kayu dari impetiginosa.

Bagian yang memiliki manfaat untuk kesehatan adalah pada bagian kulitnya yang kering. Kulit ini dijadikan teh coklat yang pahit dikenal dengan istilah Lapacho atau 'tahibo.

Pada musim dingin kulit Tabebuya atau Lapacho ini digunakan untuk mengobati flu yang sering melanda, selain itu bisa mengobati batuk bagi perokok.

Tanaman bernama latin Chrysotricha ini berasal dari Brasil, tanaman bunga tabebuya ini memiliki beragam spesies dan beragam warna seperti putih, kuning, pink tua, pink muda,kuning- oranye, merah dan magenta.

Di Indonesia sendiri spesies tanaman bunga Tatebuya yang banyak ditemui yakni yang berbunga kuning terompet dan bergerombol.

Tak Hanya Memiliki Keindahan Bunga Tabebuya Simpan Banyak Manfaat google image

Tanaman bunga Tatebuya termasuk tanaman yang memiliki fungsi untuk meneduhkan karena daunnya yang rimbun melindungi dari paparan sinar matahari langsung.

Selain digunakan untuk mempercantik di protokol-protokol jalan tanaman bunga Tabebuya ini juga cocok dijadikan sebagai tanaman hias,karena tanaman Tabebuya akan mempercantik halaman rumah saat bunga-bunganya bermekaran.

Manfaat lainyang bisa didapat yakni membantu membuat udara sekitar rumah menjadi lebih bersih. Karena tanaman ini memiliki fungsi menyerap polusi udara di lingkungan rumah.

Bunganya yang berguguran diakhir musim, juga bermanfaat sebagai pupuk untuk menyuburkan tanaman.


icon featured

Related Article

icon featured

Popular

icon featured

Comments