youtube channel

Channels

Hindari Bahan Kimia Kosmetik Ini Selama Kehamilan

Hindari Bahan Kimia Kosmetik Ini Selama Kehamilan

Hindari Bahan Kimia Kosmetik Ini Selama Kehamilan

antvklik.com - - Sebelum membeli kosmetik dan produk kecantikan selama kehamilan, penting bagi wanita hamil untuk terlebih dahulu membaca label kandungan bahan kimia yang terdapat pada kemasan produk. Demi sehat dan cantik saat hamil, setiap wanita hamil perlu menghindari bahan kimia kosmetik berbahaya. Berikut ini bahan kimia kosmetik berbahaya bagi wanita hamill yang ANTV rangkum dari berbagai sumber :

1. Paraben

Kosmetik aman untuk wanita hamil tidak boleh mengandung paraben yang umumnya dipakai sebagai pengawet ini. Paraben bisa bertindak seperti hormon esterogen. Akibatnya, paraben bisa memicu berbagai proses yang biasanya dipicu oleh esterogen. Menstruasi adalah salah satu contohnya. Jadi, bukan mustahil jika kosmetik yang mengandung paraben membuat wanita hamil keguguran atau lahir prematur.

2. Phthalates

Kosmetik yang sarat wangi-wangian, seperti parfum dan pewarna kuku (kuteks) biasanya mengandung phthalates. Wanita hamil yang terpapar zat kimia phthalates berisiko melahirkan bayi prematur. Kelahiran prematur adalah penyebab utama komplikasi dan kematian pada bayi. Namun anda mungkin akan susah menemukan unsur parfum phthalates dalam daftar ramuan sebuah produk kecantikan karena produsen memang tidak diharuskan untuk menyertakannya. Lebih parah lagi, beberapa produk yang mengklaim dirinya organik atau natural ternyata juga mengandung bahan-bahan kimia yang beracun. Jadi wanita hamil harus lebih teliti lagi dalam memilih parfum ya.

Hindari penggunaan kuteks selama kehamilan

3. Merkuri

Merkuri merupakan zat berbahaya yang sering ditemukan dalam kosmetik. Bahan berbahaya ini bisa menyebabkan wanita hamil mengalami kerusakan hati dan gagal ginjal. Begitu pula dengan janin yang ada di dalam kandungan. Tentu saja wanita hamil tidak mau kan melahirkan anak yang memiliki kerusakan hati dan gagal ginjal? Oleh sebab itulah wanita hamil bisa meredam keinginannya untuk memakai kosmetik. Kosmetik dengan bahan merkuri banyak ditemukan di krim pemutih instan yang dijual di pasar pasar dan juga bedak yang menjanjikan tahan lama atau anti luntur.

Selama Kehamilan Hindari Bahan Kimia Kosmetik Ini

4.Hydroquinone

Kandungan berbahaya ini sama dengan merkuri. Bahan hydroquinone bisa membahayakan kesehatan ibu hamil dan juga janin. Produk krim pemutih yang instan banyak mengandung hydroquinone jika ibu hamil tidak teliti dalam membeli. Agar terhindar dari bahan berbahaya kosmetik tersebut, ada baiknya wanita hamil tidak menggunakan produk pemutih dalam bentuk apapun.

5. Oxybenzone

Benzophenone-3 (Oxybenzone) juga terdapat pada beberapa tabir surya dan memiliki aktivitas seperti yang dilakukan hormon estrogen, juga dapat menyebabkan ketidakseimbangan hormon. Wanita hamil mungkin percaya bahwa mereka telah melindungi kulit mereka dengan tabir surya wajah (SPF) dan body lotion tapi biasanya diketahui bahwa produk-produk tersebut mengandung oxybenzone, bahan yang umumnya terdapat di dalam produk perawatan kulit, tahukah anda bahwa bahan ini berhubungan dengan kasus kejadian berat badan lahir rendah pada bayi perempuan dan kerusakan sel.

Selama Kehamilan Hindari Bahan Kimia Kosmetik Ini

6. Retin-A (tretinoin), Retinol, Retinoid, Accutane (isotretinoin),

Bahan kimia yang terkandung pada produk: Differin (adapelene); Retin-A, Renova (tretinoin); Retinoic acid; Retinol; Retinyl linoleate; Retinyl palmitate; Tazorac dan avage (Tazarotene). Zat kimia tersebut ditemukan pada beberapa jenis pelembab anti-aging, digunakan untuk mengurangi kerutan dan meningkatkan kesehatan kulit. Retinoid merupakan jenis vitamin A yang mempercepat pembagian sel (mempercepat pembaharuan kulit) dan mencegah pecahnya kolagen kulit.

Meski begitu, retinoid menjadi salah satu komposisi bahan yang oleh para ahli sarankan untuk tidak digunakan oleh wanita hamil. Beberapa penelitian menunjukan bahwa dosis vitamin A yang tinggi selama kehamilan bisa membahayakan janin. Retinoid oral seperti isotretinoin (Accutane, sejenis obat jerawat), diketahui bisa mengakibatkan kelahiran cacat.

7. Tetracyclines

Tetracycline adalah antibiotik yang umum ditemukan dalam obat jerawat dan penyakit Lyme. Tetracycline masuk dalam kategori D. Obat-obatan lainnya termasuk doxycycline dan minocycline. Sejumlah studi menemukan bahwa penggunaan tetracycline saat hamil bisa merusak hati wanita hamil dan menyebabkan perubahan warna keabuan pada bayi saat masa pertumbuhannya. Antibiotik alternatif yang umum diresepkan untuk wanita hamil termasuk amoxicillin atau erythromycin.

8. Salicylic Acid

Yang ini mungkin cukup mengejutkan, mengingat rata-rata produk pembersih wajah anti jerawat mengandung bahan yang satu ini. Padahal perubahan hormon saat kehamilan kerap menyebabkan timbulnya jerawat di wajah. Anda bisa mencari produk pembersih wajah yang bebas dari kandungan salicylic acid selama hamil. Untuk menjaga kesehatan kulit, perbanyak konsumsi sayur dan buah, serta memastikan kulit tetap terhidrasi dengan baik ya.

Wah.. ternyata lumayan banyak ya bahan kimia kosmetik yang berbahaya bagi wanita hamil. Semoga dengan mengetahui beberapa bahan kimia kosmetik berbahaya tersebut, wanita hamil bisa menjaga kesehatan dan selektif dalam memilih kosmetik yang aman. Tidak hanya itu saja, ada baiknya wanita hamil juga mengurangi intensitasnya ketika menggunakan kosmetik. Wanita hamil juga tetap bisa tampil cantik dengan menghindari bahan kimia kosmetik berbahaya, beberapa cara diantaranya adalah dengan mandi teratur dan menggunakan perawatan wajah yang alami seperti masker dari buah-buahan.


icon featured

Popular

icon featured

Related Article

icon featured

Comments