youtube channel

Channels

Saingi Calya-Sigra, Suzuki Siapkan Wagon R 7 Penumpang?

Saingi Calya-Sigra, Suzuki Siapkan Wagon R 7 Penumpang?

Saingi Calya-Sigra, Suzuki Siapkan Wagon R 7 Penumpang?

- Maruti Suzuki pernah memperkenalkan Wagon R berkapasitas 7 penumpang. Malah mobil ini pernah pamer di ajang IIMS 2013 dalam bentuk konsep.

antvklik.com - Sempat digadang-gadang mobil konsep ini bakal calon pesaing LCGC 7-seater Toyota dan Daihatsu, Calya-Sigra.

Tapi sampai saat ini mobil konsep tersebut urung diproduksi. Beberapa alasan pun dikemukakan Maruti Suzuki.

“Kami mempelajari segmen MPV, dan pasar di segmen itu sedang menyusut, volume terlalu rendah. Dan jika masyarakat membutuhkan mobil 7 kursi, kami akan menawarkan Suzuki Omni dan Eeco. Selain itu kami juga memiliki Ertiga,” ujar CV Raman, Senior Executive Director Engineering Maruti Suzuki seperti ANTVklik kutip dari Carmudi.

Alih-alih meluncurkan Wagon R 7-seater, Maruti Suzuki malah mengumumkan rencana hadirnya Wagon R versi hatchback pada akhir tahun ini.

Kemudian mobil tersebut bakal dikembangkan menjadi electric vehicle pada 2020 nanti.

“WagonR EV akan menjadi mobil listrik pertama yang diluncurkan oleh perusahaan pada tahun 2020. Kemungkinan besar mobil akan diproduksi di pabrik Suzuki di Gujarat, India. Sebab pabrik tersebut memiliki fasilitas yang dapat memproduksi baterai berkat kemitraan antara Suzuki, Toshiba dan Denso (perusahaan Toyota),” kata salah seorang sumber dekat perusahaan.

Tetapi kondisi India dan Indonesia jelas berbeda. Di Tanah Air justru model MPV menjadi penguasa market terbesar. Apalagi kehadiran LCGC 7-seater kembar Calya-Sigra makin tahun makin bertumbuh.

Tentu ini menggoda PT Suzuki Indomobil Sales untuk menghadirkan Wagon R 7-seater. Karena sampai saat ini baru Toyota dan Daihatsu saja yang mengisi segmen tersebut. Sementara Suzuki dan Honda belum punya.

“Masih wait and see. Kami masih lihat dulu komposisi pasar gimana dengan LCGC atau LCEV,” ujar 4W Head of Brand Development and Marketing Research PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) Harold Donnel.

Ini termasuk dalam strategi perusahaan meski diakui bahwa pasar LCGC 7-seater sangat menggiurkan. Artinya, bisa saja SIS mendorong prinsipal untuk memproduksi Wagon R jenis MPV di Indonesia.


icon featured

Related Article

icon featured

Popular

icon featured

Comments