youtube channel

Channels

Proses Adat Pernikahan Di Minangkabau Yang Harus Kamu Ketahui

Proses Adat Pernikahan Di Minangkabau Yang Harus Kamu Ketahui

Proses Adat Pernikahan Di Minangkabau

antvklik.com - - Setiap daerah memang mempunyai adat pernikahan yang berbeda-beda. Banyak tata cara dan ritual yang dijalani sampai berhari-hari dan banyak pernak-pernik yang disediakan. Salah satunya proses adat pernikahan di Minangkabau yang ada di Sumatera Barat, memiliki banyak adat dan cara-cara untuk melakukan pernikahan. Beriku beberapa proses adat pernikahan di Minangkabau yang harus kamu ketahui :

1. Proses Adat Pernikahan Di Minangkabau : Maresek

Proses Adat Pernikahan Di Minangkabau Proses Adat Pernikahan Di Minangkabau

Maresek dalam tradisi Minangkabau merupakan tahapan untuk mendatangi pihak pemuda yang akan dijodohkan dengan anak perempuan. Biasanya proses ini dilaksanakan secara sangat rahasia antara pihak keluarga perempuan dengan mamak laki-laki (mamak laki-laki = om), untuk mencari kata sepakat tentang perjodohan. Ada yang menyebut maresek, ada yang mengatakan marisiak, ada juga yang menyebut marosok sesuai dengan penyebutan di daerah masing-masing. Namun, arti dan tujuannya sama, yaitu melakukan penjajakan pertama. Namun melakukan penjajakan ini, hanya dilakukan dalam adat tradisi lama.

2. Proses Adat Pernikahan Di Minangkabau : Manimang & Batimbang Tando

Proses Adat Pernikahan Di Minangkabau Proses Adat Pernikahan Di Minangkabau

Batimbang tando yang memiliki arti yaitu bertukar tanda. Yang menjadi simbol pengikat perjanjian, yang tak bisa dibatalkan oleh sebelah pihak. Biasanya dalam hal ini, untuk barang yang ditukar adalah keris, kain-kain adat, dan benda yang memiliki sejarah dalam keluarga. Setelah itu dilanjutkan dengan acara mengenai penjemputan calon mempelai pria, dimana keluarga dari calon mempelai wanita mengunjungi rumah si mempelai pria. Rombongan yang datang biasanya membawa sirih pinang lengkap dan disusun dalam carano (tas yang dibuat dari daun pandan).

3. Proses Adat Pernikahan Di Minangkabau : Mahanta Siriah

Proses Adat Pernikahan Di Minangkabau Proses Adat Pernikahan Di Minangkabau

Tradisi ini dimana kedua mempelai meminta izin dan mohon doa restu kepada mamak-mamaknya (om), saudara ayah, kakak yang telah berkeluarga, dan sesepuh-sesepuh yang dihormati. Acara ini bertujuan untuk memberi tahu memohon doa dan memberi tahurencana pernikahan. Calon mempelai pria akan membawa selapah yang berisi daun nipah dan tembakau, itu merupakan adat yang lama. Namun di adat yang baru, tembakau diganti dengan rokok, dan mempelai wanita menyediakan sirih dengan lengkap.


icon featured

Related Article

icon featured

Popular

icon featured

Comments