youtube channel

Channels

Pesawat Pemburu Badai Ini Diciptakan Untuk Datangi Badai, Bukan Datangi Kamu

Pesawat Pemburu Badai Ini Diciptakan Untuk Datangi Badai, Bukan Datangi Kamu

pesawat pemburu badai

antvklik.com - - Guys kalau kita naik pesawat lewat kumpulan awan aja serasa naik angkot di darat ya bergumpal. Nah ini ada lagi yang unik guys. Pesawat pemburu badai ini memang diciptakan untuk datangi badai loh. Jadi saat masuk dalam badai, pesawat ini nggak kenapa-napa guys. Nah loh, kok bisa ya. Padahal kan pesawat aja kadang menghindari badai ya.

Nah pesawat kayak apa sih yang disiapkan sebagai pesawat pemburu badai?

Pesawat ini adalah Lockheed-3D Orion (WP-3Ds). Ini adalah pesawat hasil modifikasi guys dari P-3 Orion. Cuma ada dua loh guys pesawat kayak gini di dunia. Dari masing-masing pesawat ini guys menggabungkan banyak fitur loh untuk perannya mengumpulkan informasi cuaca.

Selama musim badai guys, pesawat pemburu badai ini dipersiapkan benar-benar untuk datang ke dalam badai loh. Wow keren ya guys. Nah karena tangguhnya pesawat ini, alhasil pesawat ini juga diikutsertakan ya guys dalam penelitian seperti liputan es Arktik, studi kimia udara, dan suhu air laut dan analisis terkini loh guys. Wah gimana mau coba nggak naik pesawat yang satu ini.

Dalam pesawat pemburu badai ini diketahui ada tiga radar loh yang dipersiapkan. Radar-radar tersebut seperti radar band C guys. Radar ini di hidung dan di badan pesawat bawah, ada juga radar X-band di ekor pesawat. Selain itu juga, pesawat unik ini juga dilengkapi dengan kemampuan untuk menyebar perangkat uji coba loh. Jadi ada perangkat yang bisa di uji coba ke sistem badai nih. Keren kan? keren lah, keren pastinya.

Nggak berhenti disitu, ternyata pesawat pemburu badai juga punya sensor suhu onboard loh. Nah ada juga nih peralatan meterologi lainnya yang gak kalah kerennya. Kabinnya juga diperkuat untuk menahan beban peralatan tambahan. Wah kok kayak pesawat jet tempur ya guys, kuat banget, dan spesial. He he he.

National Oceanic dan Atmospheric Administration, atau NOAA udah mengoperasikan dua WP-3D loh, yaitu miss piggy dan kermit. Selain itu pesawat pemburu badai milik NOAA lainnya adalah Gulfstream IV-SP yang diberi nama Gonzo. Ini bukan pesawat murah kayaknya sih, selama dua tahun terakhir untuk melengkapi kemampuannya, dilakukan perbaikan besar-besaran yang menghabiskan dana sampai 35 juta dollar AS loh, duh mehong ya guys?

Perbaikan ini mencakup sayap baru, mesin dan radar juga loh guys. NOAA bilang, katanya perbaikan ini bisa bikin pesawat terbang selama 15 sampai 20 tahun lagi loh.

Nah, biasanya kan kalian naik pesawat yang menghindari badai guys, berani nggak guys buat nyoba pesawat pemburu badai ini?


icon featured

Related Article

icon featured

Popular

icon featured

Comments