youtube channel

Channels

Evolusi Virus Komputer Masa Ke Masa

Evolusi Virus Komputer Masa Ke Masa

Evolusi Virus Komputer Masa Ke Masa

antvklik.com - - virus secara ilmiah merupakan organisme parasit bersel tunggal yang hampir tidak bisa dibunuh dan dimatikan. virus bisa bertahan di suhu yang paling ekstrim dan tidak hancur karena cuaca ektrim sekalipun. Tetapi virus hanya bisa hidup dan berkembang biak di dalam sel mahluk hidup. Sedangkan virus komputer merupakan hal yang serupa tapi sedikit berbeda. Jika virus organisme akan menginfeksi mahluk hidup dengan bersarang dan menggangu organisme, virus komputer akan menginfeksi sistem komputer atau program aplikasi perangkat lunak sebuah komputer. Hari ini yuk kita bahas perkembangan virus komputer dari tahun ke tahun, masa ke masa.

1. Virus Wabbit

Memang sebenarnya Wabbit bukanlah virus pertama yang pernah dibuat di dunia. Wabbit ini bisa dibilang salah satu cikal bakal virus komputer yang menginfeksi suatu sistem perangkat lunak, dan infeksi virus Wabbit banyak dilaporkan terjadi mulai tahun 1978. Cara infeksinya sangat simple dengan menggandakan banyak file yang ada di komputer walau tidak benar-benar menghancurkan sistem komputer seperti virus yang ada sekarang. Ada positifnya Virus Wabbit ini tidak menyebar melalui internet, jadi Wabbit hanya akan menginfeksi 1 komputer sampai sistem penyimpanannya habis total, baru wabbit akan freeze atau berhenti beroperasi.

2. Virus Elk Cloner

perkembangan Virus komputer dari tahahun ke tahunPerkembangan virus Komputer.

Barulah pada tahun 1982 seorang bocah umur 15 tahun bernama Rich Skrenta membuat sedikit eksperimen dengan membuat virus sederhana yang diberi julukan Elk Cloner untuk sistem operasi Apple DOS 3.3 dan memasukannya kedalam disket game. Bisa dibilang proses infeksinya sangat lama, karena digabungkan dengan file game jadi kalau pengguna komputer memainkan game yang ke 50 kali baru virus ini beraksi. Ketika sudah terinfeksi ketika pengguna memasukan disket game, yang muncul bukannya game yang biasa dimainkan malah menggelapkan layar dan menampilkan puisi di layar komputer:

Elk Cloner: The program with a personality

It will get on all your disks

It will infiltrate your chips

Yes, it's Cloner!

It will stick to you like glue

It will modify RAM too

Send in the Cloner!

Untungnya virus Elk Cloner nggak sampai membuat sistem operasi komputer gagal beroperasi, Elk Cloner hanya mengganggu dengan memunculkan tulisan puisi tersebut. Cara menghilangkannya virus Elk Cloner hanya dengan menginstal ulang sistem operasi komputer yang terinfeksi, karena belum ada antivirus khusus untuk memberantasnya.

3. Virus Melissa

Perkembangan Virus komputer dari tahahun ke tahun.Perkembangan virus komputer.

Virus komputer ini dibuat pada tahun 1999 oleh David L. Smith seorang yang sudah berumur 30 tahunan dan seorang pengusaha asal New Jersey. Cara penyebarannya bisa dibilang pintar, dengan cara memasukan virus tersebut ke Microssoft Word Document dengan nama ALT.SEX yang di klaim memiliki list situs-situs dewasa beserta password dan akunnya. Karena banyak orang yang penasaran tanpa pikir panjang langsung mendownload dan membuka file tersebut pada saat yang sama ternyata sebuah program sudah berjalan dan langsung mengirim email beserta dokumen virus Mellisa ke-50 orang pertama di daftar kontak komputer yang terinfeksi. Karena Virus ini beberapa email di perusahaan mendadak rusak karena sistem server nggak kuat mendapat banyak email masuk dalam waktu yang bersamaan. Virus Mellisa ini tercatat pernah menyebabkan total kerugian $80 juta dolar amerika.

4. Virus Sasser

Perkembangan Virus komputer dari tahahun ke tahun.Perkembangan virus Komputer.

Mulai sekitar tahun 2004 virus untuk sistem operasi Microsoft Windows yang bernama Sasser mulai mewabah. Sampai sekarang belum diketahui siapa yang membuat virus ini, banyak orang percaya kalau virus ini berasal dari Russia. Sistem infeksinya sama seperti sistem infeksi Virus Worm, dimana menyebar secara sendiri melalui internet. Namun virus Sasser memanfaatkan LSASS (Local Security Authority Subsystem Service) di sistem komputer yang secara otomatis akan mendownload virus ini secara "legal" dari Windows update. Kerugian karena Virus Sasser ini tercatat $18 miliar dolar amerika. Namun penciptanya Jaschen berhasil ditangkap dan dipenjara kurang lebih 21 bulan.

5. Virus WannaCry Ransomware

Perkembangan Virus komputer dari tahahun ke tahun.Perkembangan Virus Komputer.

Bulan Mei 2017 kemarin kita dikejutkan oleh virus Ransomware bernama WannaCry. Pencipta virus ini sendiripun belum terlacak dan tidak diketahui siapa yang membuatnya. Virus Ransomware WannaCry ini menginfeksi sistem operasi windows dan mengunci sistem penyimpanan dengan cara enkripsi paksa yang membuat kita sama sekali tidak bisa menggunakan komputer yang terinfeksi. Ketika dinyalakan hanya muncul wallpaper yang menunjukan kalau komputer kita terinfeksi Virus WannaCry. Untuk membukanya kita harus mengirim sejumlah uang yang ditukar dengan BitCoin yang di kirimkan ke situs tertentu dengan jumlah tertentu dengan tenggat waktu yang ditentukan jika tidak, maka jumlah BitCoin yang dibayarkan akan bertambah. Di perkirakan kerugian yang ditimbulkan Virus ini sebesar $4 miliar dolar Amerika.

Baca Artikel Terkait:


icon featured

Popular

icon featured

Related Article

icon featured

Comments