youtube channel

Channels

Nikmatnya Berlibur di Pantai Pasir Putih Tanjung Tinggi

Nikmatnya Berlibur di Pantai Pasir Putih Tanjung Tinggi

Nikmatnya Berlibur di Pantai Pasir Putih Tanjung Tinggi

antvklik.com - www.antvklik.com - Jika Berlibur ke Pulau Belitung, tak lengkap rasanya jika Anda tak berkunjung ke Pantai Tanjung Tinggi di Negeri Laskar Pelangi ini. Lokasi wisata Pantai pasir putih ini terletak sekitar 30 kilometer di wilayah Kabupaten Belitung Barat. Di Pantai ini Anda juga bisa melihat-lihat lokasi shooting film Laskar Pelangi yang diambil dari novel karya Andrea Hirata.

Destinasi Terbaik Pulai Belitung

Pantai Tanjung Tinggi ini merupakan salah satu destinasi wisata terbaik di Pulau Belitung. Nama Tanjung Tnggi diambil dari kata tanjung yang artinya semenanjung dan tinggi yang memiliki bebatuan yang tinggi. Pantai ini juga diapit oleh dua semenanjung, yaitu Tanjung Kelayang dan Tanjung Pendam. Kedua pantai ini juga merupakan lokasi wisata yang tak kalah ramainya saat liburan tiba.

Asal Mula Pantai Tanjung Tinggi

Menurut warga setempat, dulunya pantai ini dinamakan Pelabuhan Bilik, karena pada zamannya pantai ini adalah tempatnya para nelayan turun ke laut. Kini pantai ini dijadikan destinasi wisata, karena selain pantainya yang berpasir putih, kemudian lautnya yang indah dengan karakter alam bawah laut yang masih asri. Daya tarik lainnya adalah bebatuan granit yang ukurannya dari mulai beberapa meter kubik hingga ratusan meter kubik atau bisa jadi lebih besar dari pada bangunan sebuah rumah.

Salah satu wisatawan, Rizky,mengaku senang sekali bisa berlibur di Pantai Tanjung Tinggi bersama keluarganya. “Pantainya indah, pasir putih dan landai, sehingga aman bagi anak-anak yang sedang bermain di pantai, “ ujar Rizky.

Bebatuan di Pantai Tanjung Tinggi

Menurut para ahli geologi, batuan granit yang ada di Pantai Tanjung Tinggi ini sudah ada sejak ratusan juta tahun lalu. Batu-batu granit raksasa tersebut sebenarnya merupakan bagian dari suatu tubuh batuan beku yang menjadi batuan dasar Indonesia bagian Barat yang disebut sebagai Batolit. Namun ada juga yang menyebutkan bahwa batu ini berasal dari magma yang membeku di bawah permukaan bumi lalu muncul kepermukaan bumi karena proses tektonik. Batu granit ini terbentuk kira-kira 65 sampai 200 juta tahun yang lalu. Uniknya lagi tumpukan batu granit ini ada yang menyerupai hewan purbakala.

Batuan granit yang besar-besar ini ternyata tidak hanya ada di Pantai Tanjung Tinggi, tetapi juga terdapat di kawasan perkampungan warga, di sungai-sungai bahkan hingga ke wilayah Belitung Timur.

Nah, kalau Anda penasaran, tak ada salahnya jika mengisi liburan Anda ke Pulau Belitung, Negeri Laskar Pelangi

Laporan Marwan Albab dari Belitung, Bangka Belitung.


icon featured

Popular

icon featured

Related Article

icon featured

Comments