youtube channel

Channels

Tips Mudik Sukses MPASI Beres

Tips Mudik Sukses MPASI Beres

Tips Mudik Sukses MPASI Beres

antvklik.com - - Mudik bersama Si Kecil yang baru masanya mendapat Makanan Pendamping ASI atau MPASI, memang memerlukan persiapan ekstra agar lancar. Saat mudik, walaupun Anda menggunakan moda transportasi yang relatif cepat atau menempuh jarak pendek, selalu ada kemungkinan delay atau macet. Oleh karena itu, Anda harus mempersiapkan MPASI Si Kecil dengan baik, agar ia tetap nyaman di perjalanan. Berikut tips agar mudik sukses MPASI beres :

Siapkan Bubur Instan

Memberikan MPASI instan yang banyak dijual di supermarket bisa menjadi salah satu cara mudah memberikan asupan kepada bayi selama perjalanan mudik atau silahturahmi. Kamu bisa membeli bubur instan khusus bayi dengan aneka rasa, seperti bubur beras merah, bubur kacang hijau. Cara menyiapkannya pun sangat mudah, bahkan ketika Anda sedang dalam perjalanan mudik sekalipun. Siapkan air panas, seduh bubur MPASI instan dan siap Anda berikan kepada Si Kecil ketika jam makannya tiba.

Siapkan Cemilan untuk Si Kecil

Anda disarankan untuk menyiapkan makanan yang praktis selama perjalanan. Si Kecil membutuhkan camilan juga lho! Di antara waktu makannya Anda bisa memberikan cemilan berupa biskuit bayi yang bisa dipegang. Carilah biskuit dengan bentuk yang lucu, agar Si Kecil tertarik dan menikmati cemilan selama perjalanan. Anda juga bisa memberikan selembar keju untuk Si Kecil sebagai cemilannya. Selain biskuit, Anda juga bisa menyediakan roti, keju, dan buah yang mudah dikonsumsi seperti pisang.

Biskuit lucu sebagai cemilan Si Kecil saat mudik Biskuit lucu sebagai cemilan Si Kecil saat mudik

Membuat Stok Pure Sendiri

Sebelum melakukan perjalanan mudik, Anda juga bisa menyiapkan pure untuk Si Kecil. Cara membuatnya sangat mudah lho.. Coba cari resep pure praktis. Misalnya, pure kentang yang bisa dilumatkan dengan menggunakan sendok. Tambahkan susu atau keju untuk menambah lezat pure buatan Anda. Selain kentang, Anda juga bisa membuat pure wortel, ubi manis, brokoli dan menyimpan dalam toples kaca. Saat jam makan bayi, Anda bisa menghangatkannya dengan cara menambahkan air hangat sedikit ke dalam pure tersebut. Anda juga bisa tambahkan juga sedikit keju atau susu di atas pure sebagai topping.

Siapkan pure dan simpan di toples kaca untuk mudik Siapkan pure & simpan di toples kaca untuk mudik

Bekukan Pure

Agar pure tetap segar, simpan persediaan pure di dalam cooler box. Jangan repot dengan menu MPASI yang biasa Anda sajikan di rumah. Ingat, agar selama perjalanan mudik, Si Kecil tidak rewel, maka pastikan perutnya selalu kenyang, tidak kelaparan di jalan. Anda dapat membekukan pure sayuran dan kaldu favorit Si Kecil yang sudah matang. Tapi untuk buah seperti alpukat, pisang, melon, pepaya, dan stroberi lebih baik disajikan dalam keadaan segar.

Bekukan pure favorit Si Kecil untuk bekal mudik Bekukan pure favorit Si Kecil untuk bekal mudik

Porsi Makan Si Kecil Harus Cukup

Pastikan Anda membawa porsi MPASI yang cukup selama mudik bersama Si Kecil. Bawalah beberapa porsi tambahan untuk mengantisipasi delay keberangkatan atau kemacetan yang mungkin terjadi. Sebagai gambaran, bayi usia 6-9 bulan, makan 2-3 kali per-hari, sementara bayi usia 9-12 bulan, makan 3-4 kali sehari.

Perhatikan Wadah untuk Menyimpan MPASI

Untuk wadah penyimpanan MPASI, Anda dapat menggunakan baby cube kecil ukuran 40 ml agar mudah dihangatkan. Pastikan wadah plastik yang digunakan BPA free ya.

Trik Menyimpan MPASI

Jika Anda menempuh perjalanan cukup panjang, bawalah cooler box / cooler bag untuk menyimpan MPASI Si Kecil. Pastikan Anda membawa blue ice yang cukup banyak, agar suhu di dalam box tetap dingin. Makanan dapat bertahan selama 7-8 jam dalam cooler box dan 4-5 jam dalam cooler bag.

Menyusui Si Kecil

Anda masih memberikan ASI untuk Si Kecil? Kalau begitu, selama perjalanan tetap berikan ASI kepada si kecil ya. Karena selama perjalanan, bayi membutuhkan banyak cairan. Dengan tetap menyusui, maka si kecil akan tetap tenang sehingga tidak rewel selama dalam perjalanan mudik. ASI juga bisa dijadikan cairan untuk melumatkan buah atau pure yang Anda sajikan untuk bayi.

Tetaplah menyusui Si Kecil saat mudik Tetaplah menyusui Si Kecil saat mudik

Perlu diingat, selama perjalanan mudik, Anda harus mengikuti jadwal makan Si Kecil bukan jadwal makan Anda. Kalau Si Kecil belum waktunya makan, tetaplah memberikan cemilan. Dengan disiplin memberikan makanan maka mencegah Si Kecil jatuh sakit selama perjalanan. Perut Si Kecil yang kenyang akan membuatnya tenang dan tidak rewel. Dengan begitu, maka mudik sukses MPASI pun beres. Perjalanan mudik Anda sekeluarga pun jadi asyik dan nyaman. Selamat mudik bersama Si Kecil!


icon featured

Popular

icon featured

Related Article

icon featured

Comments