youtube channel

Channels

Dunia Krisis Air Bersih, Begini Cara Mengatasinya

Dunia Krisis Air Bersih, Begini Cara Mengatasinya

Dunia Krisis Air Bersih, Begini Cara Mengatasinya

antvklik.com - - Krisis air bersih menjadi salah satu masalah yang mencekam di era modern. Padahal, hal ini bisa dicegah dengan beberapa tips mudah.

Air bersih merupakan kebutuhan pokok bagi seluruh umat manusia di dunia. Namun, tahukah anda bahwa pasokan air bersih semakin menipis. Dilansir dari National Geographic, saat ini lebih dari 99% air di muka ini berbentuk air beku dan air asin, yang tidak bisa dikonsumsi manusia.

Krisis air bersih terus mengancam, karena suhu bumi yang terus meningkat. Apalagi, populasi manusia terus bertambah dan beraneka macam industri terus bermunculan di muka bumi ini.

Untuk menangani krisis air bersih, ada banyak cara yang bisa kita lakukan. Cara menangani krisis air bersih pun cukup mudah dilakukan dalam kehidupan sehari-hari. Ini dia caranya.


  1. Mengganti bak di kamar mandi dengan pancuran

Mandi dengan menggunakan pancuran, terbukti lebih hemat air, dibanding mandi dengan menggunakan gayung. Rata-rata orang menghabiskan 15 liter air saat mandi dengan gayung, sementara dengan pancuran, kita bisa menghemat air kurang lebih sebanyak 60%.


  1. Menyiram tanaman di pagi hari.

Cara lain untuk menyelamatkan bumi dari krisis air bersih adalah dengan menyiram tanaman di pagi hari. Hal ini terbukti lebih efektif, karena jika menyiram tanaman di siang hari, air akan langsung menguap sebelum terserap ke tanah, akibat panas matahari.


  1. Batasi penggunaan air saat mencuci tangan dan sikat gigi

Gunakan gayung atau gelas saat mencuci tangan dan sikat gigi. Hal ini bisa menyelamatkan bumi dari krisis air bersih, dan menghemat air sampai dengan 11 liter per hari.


  1. Bijaksana dalam mencuci pakaian

Sebaiknya gunakan mesin cuci yang hemat air. Pastikan juga anda mencuci pakaian saat tumpukan baju kotor sudah cukup banyak.


  1. Kurangi siraman pada kloset

Tidak perlu berlebihan menyiramkan air pada kloset, setelah anda menggunakannya. Saat bau dan kotoran sudah hilang, anda tidak perlu terus-terusan menyiramnya.

Gimana, cukup mudah bukan tips hemat air, untuk menyelamatkan bumi dari krisis air bersih?


icon featured

Popular

icon featured

Related Article

icon featured

Comments