youtube channel

Channels

Keren, Dua Bintang Ini Tabrakan Dan Hasilkan Kembang Api Dahsyat

Keren, Dua Bintang Ini Tabrakan Dan Hasilkan Kembang Api Dahsyat

Kembang api dahsyat

antvklik.com - - Pernah lihat kembang api paling bagus dimana? Pas malam tahun baru kan ya, banyak kembang api dan secara bersamaan pastinya. Tapi yang satu ini tidak akan kalah saing hebatnya. Ada dua bintang di luar angkasa yang tabrakan, dan menghasilkan kembang api dahsyat loh. Wow pasti keren banget kan ya guys, kembang api dari tabrakan bintang ini.

Ada gambar dramatis yang ditangkap para ilmuan. Gambar ini memperlihatkan tabrakan dua bintang muda di konstelasi orion guys, nah ini yang menyebabkan terjadinya kembang api dahsyat yang menggelegar. Tapi ledakan kembang api dahsyat tersebut diperkirakan terjadi 500 tahun yang lalu loh guys, dengan mengirimkan pita berupa debu dan gas dari luar angkasa ya.

Ternyata tabrakan tersebut menghasilkan energi yang matahari hasilkan selama lebih dari 10 juta tahun loh. Wow besar banget dong ya berarti. Ledakan besar yang jadi kembang api dahsyat di luar angkasa itu sebagian besar diasosiasikan dengan supernova loh. Nah biasanya hal ini terjadi saat bintang raksasa dan tua mengakhiri masa hidupnya loh guys, alias mereka menjadi para bintang mati ya guys.

Tapi ledakan itu malah memperlihatkan ledakan terjadi di awal hidup para bintang nih. Jadi bintang lahir saat awan gas raksasa mulai runtuh oleh gravitasinya. Dalam jarak 1.500 tahun cahaya dari Bumi guys, sejumlah bintang yang sangat muda mulai terbentuk di wilayah yang disebut Orion Molecular Cloud 1 atau (OMC-1) ya. Nah kembang api dahsyat ini hadir saat bintang baru lahir.

Jadi gravitasi menarik bintang-bintang dan membuatnya berjarak sangat dekat dan meningkatkan kecepatannya. Dua dari bintang baru itu kemudian bertabrakan dan memicu ledakan kuat yang melemparkan gas dan puing-puing debu ke angkasa luar dengan kecepatan lebih dari 150 km per detik loh. Wow cepet banget kebayang nggak? susah sih buat dibayangin kan.

Nah guys sebenarnya ledakan yang menghasilkan kembang api dahsyat tersebut pertama kali terdeteksi pada 2009 ya. Dan saat ini para astronom mampu melihat tabrakan tersebut dalam resolusi tinggi.

Nah ternyata ledakan kembang api dahsyat dihasilkan karena kelahiran bintang ya, wah selamat ya bintang baru.


icon featured

Popular

icon featured

Related Article

icon featured

Comments