youtube channel

Channels

Intip Yuk! Bahaya Dari Kelamaan Duduk

Intip Yuk! Bahaya Dari Kelamaan Duduk

Intip Yuk! Bahaya Dari Kelamaan Duduk

antvklik.com - Dengan kebiasaan kelamaan duduk akan membuat tubuh kamu pegal. Tak sedikit dari kita menghabiskan waktu duduk sekitar sembilan jam, berdiam diri dengan satu posisi. Banyak sekali gejalanya nih kalau kamu duduk seharian. Pernahkah kamu merasa ketika duduk, pikiran kamu kemana-mana, itu dampak duduk terlalu lama. Lalu apa yang terjadi ketika duduk terlalu lama pada tubuhmu?

Ini dampak keadaan tubuh kamu ketika duduk terlalu lama

1. Punggung dan Bahu

Dua bagian tubuh ini mengalami efek utama dari duduk terlalu lama. Rata-rata ketika lebih dari 3 menit kita menyender malas dan membungkuk. Posisi tersebut membuat ligament dan otot bekerja lebih keras. Ketika konsentrasi dan posisi kepala maju membuat otot leher dan bahu menegang.

duduk1

2. Paru- Paru

Yang terjadi ketika duduk paru-paru akan mengalami pengurangan jumlah oksigen dalam tubuh. Kinerja paru-paru pun menjadi kurang maksimal.

duduk2

3. Otak

Duduk terlalu lama mampu mempengaruh konsentrasi daya fokusmu menjadi menurun, juga semakin lambat dlam bekerja. Penyebabnya karena kadar oksigen yang masuk dalam paru-paru mengalami penurunan.

duudk3

4. Kaki dan Pinggul

Duduk terlalu lama menyebabkan masalah sendi pada pinggul dimana otot fleksor pinggul memendek terlalu lama karena posisi duduk. Selain itu, muncul maslah sirkulasi darah yang buruk pada bagian pergelangan kaki seperti varises.

duduk4

5. Sistem Pencernaan

Karena duduk terlalu lama dan ruangan yang ber AC, membuat tergangunya sistem pencernan, hal yang sering terjadi adalah kembung, mules atau sembelit.

duduk5

6. Sistem Jantung dan Kardiovaskular

Bagi kamu yang lebih banyak duduk memiliki resiko lebih tinggi untuk penyakit jantung penelitian dari university of chester (2013) , dimana disebutkan duduk mampu membakar 21 persen lebih sedikit per menit dibanding berdiri. Lamanya duduk, berpengaruh terhadap enzim lipopretin lipase. Enzim tersebut berfungsi sebagai pemecah lemak di pembuluh darah.

duduk6

Nah, udah tau kan dampak kelamaan duduk, kamu harus luangkan waktu untuk olahraga sekitar 150 menit. Hal tersebut dapat mengurangi resiko jantung dan stroke. Tubuh pun sehat dan segar sehingga pikiran kamu jadi terbuka dan mempunyai ide-ide baru. Semoga bermanfaat ya guys..


icon featured

Popular

icon featured

Related Article

icon featured

Comments