youtube channel

Channels

Inilah 7 Penyebab Resiko Kehamilan serta Pencegahannya!

Inilah 7 Penyebab Resiko Kehamilan serta Pencegahannya!

Inilah 7 Penyebab Resiko Kehamilan serta Pencegahannya!

antvklik.com - - Masa kehamilan, yang seharusnya menjadi masa-masa menyenangkan bagi kamu dan suami kamu. Tetapi, ada juga sejumlah kondisi yang ternyata membuat resiko tinggi bagi kehamilan kamu. Untuk itu, memerlukan sikap kehati-hatian kamu selama 36 minggu masa kehamilan.

Di bawah ini adalah 7 hal yang menjadi penyebab kehamilan berisiko tinggi, dan cara yang bisa kamu lakukan untuk meminimalkan risiko tersebut :

1. Penyebab Kehamilan Beresiko Tinggi: Usia

Usia calon ibu sangat signifikan. Jika masih terlalu belia, sekitar 15 tahunan, rahim dan panggul belum tumbuh mencapai ukuran dewasa sehingga belum 100% siap hamil. Akibatnya, kamu mungkin mengalami persalinan lama atau gangguan seperti kecenderungan tekanan darah naik dan pertumbuhan janin terhambat. Sedangkan, calon ibu berusia lebih dari 35 tahun organ-organ reproduksinya tidak seprima di usia 20 tahunan. Risikonya berupa keguguran dan melahirkan bayi dengan sindroma

down

atau kelainan kromosom lainnya.

Penyebab kehamilan beresiko tinggi Penyebab kehamilan beresiko tinggi

Yang dapat dilakukan:

- Untuk mencegah keguguran, pastikan kehamilan selalu terjaga, kurangi aktivitas berat, konsumsi makanan bernutrisi dan periksakan kandungan secara teratur. Sedangkan, untuk bayi dengan kelainan kromosom, jika hasil tes positif, dokter akan melakukan konseling dan menyerahkan keputusan pada kamu untuk melanjutkan kehamilan atau tidak.

2. Penyebab Kehamilan Beresiko Tinggi: Berat Badan

Jika berat badan kurang dari 40 kg saat dinyatakan hamil, kamu kemungkinan menderita kekurangan energi kronis (KEK). Bayi yang dikandung berisiko berberat lahir rendah (BBLR), tumbuh kembangnya terhambat, sehingga memengaruhi kecerdasan. Sebaliknya jika Anda obesitas, juga memicu komplikasi pada pertumbuhan janin, kesehatan ibu dan proses persalinan, antara lain gangguan pre-eklampsia dan diabetes gestasional.

Penyebab kehamilan beresiko tinggi Penyebab kehamilan beresiko tinggi

Yang dapat dilakukan:
- Untuk kasus berat badan kurang dari 40 kg, perbaiki status gizi lewat konsultasi dengan ahli nutrisi. Untuk kasus obesitas, kendalikan pertambahan berat badan lewat pengaturan pola makan di bawah pengawasan ahli gizi dan lakukan aktivitas fisik dengan jenis dan kadar sesuai kondisi kehamilan.


icon featured

Related Article

icon featured

Popular

icon featured

Comments