youtube channel

Channels

Untuk Orangtua, Ini Dia Cara Menenangkan Bayi Menangis!

Untuk Orangtua, Ini Dia Cara Menenangkan Bayi Menangis!

Untuk Orangtua, Ini Dia Cara Menenangkan Bayi Menangis!

antvklik.com - - Semua bayi pasti menangis, bahkan sebagian bayi menangis sangat sering. Menangis sebenarnya adalah bahasa bayi yang tidak kita mengerti. Ketika mereka menangis, maka pasti ada sesuatu hal yang ingin dikatakan.

Sering kali bayi menangis dan rewel karena mereka merasa lapar, lelah, kedinginan atau kepanasan, bosan, popoknya basah, atau merasa sakit.

Jadi, jangan buru-buru berpikiran buruk apabila bayi kamu menangis terus, hal ini adalah caranya untuk memberitahu kamu bahwa mereka membutuhkan sesuatu.

Mencoba mendiamkan serta menenangkan bayi yang menangis adalah cara orangtua dan bayi untuk mengenal satu sama lain. Setidaknya setiap bayi menangis kurang lebih 1-4 jam dalam sehari.

bayi1

Semakin kamu tenang dan tidak terbawa suasana karena tangisan bayi kamu, maka bayi akan lebih mudah tenang. Ibu yang melihat bayinya menangis pasti akan berusaha menenangkannya. Namun terkadang apa yang ibu lakukan malah membuat bayi menangis semakin kencang. Lalu bagaimana caranya untuk mendiamkan serta menenangkan bayi yang menangis dan rewel?. Berikut beberapa tips mengenai cara mendiamkan bayi saat rewel, yang dilansir oleh womantalk dan dikutip oleh ANTV :

1. Gerakan Mengayun

Bayi senang gerakan-gerakan ketika mereka digendong. Kamu bisa mulai dengan mengambil kain gendongan dan kemudian buat gerakan mengayun untuk menenangkan bayi kamu. Semakin kencang tangisan bayi, maka kamu harus semakin kencang pula mengayunkannya.

2. Suara "ssshhh"

Ternyata menenangkan bayi dengan cara ibu menghasilkan suara ‘sshh’ bukan hanya kebiasaan turun-temurun. Suara ‘sshh’ ini bisa membuat bayi lebih tenang dan nyaman karena suara tersebut mirip dengan suara ketika mereka ada di dalam rahim. Pastikan suara ‘sshh’ yang kamu hasilkan lebih kencang dibandingkan dengan tangisan si bayi, agar bayi mendengarnya.

bayi2

3. Sentuhan Lembut

Jangan pernah meremehkan ‘kekuatan’ sentuhan kamu dalam membuat si bayi menjadi lebih nyaman. Tentu saja langkah utama dalam menenangkan bayi menangis adalah dengan cara menyentuhnya. Walaupun begitu, memang tidak jarang bayi yang membutuhkan lebih dari sekadar sentuhan untuk membuatnya nyaman, seperti gendongan, menepuk punggung, atau memijatnya dengan lembut.

4. Mengenal dan Menyesuaikan Lingkungan Sekitar Untuk Si Bayi

Menenangkan bayi menangis adalah salah satu cara untuk mendekatkan diri kamu dengan sang bayi. Dengan begitu, kamu akan berusaha mencari tahu lingkungan seperti apa yang membuatnya lebih nyaman dan tenang, seperti sebagian bayi menyukai lampu yang gelap dan sebagian lainnya tidak. Atau mungkin bayi kamu lebih suka suasana kamar yang tenang, tetapi ada juga bayi yang lebih suka suasana di luar rumah atau keramaian. Sesuaikan lingkungan kamu agar bayi lebih tenang dan nyaman.

bayi3

Namun, ada beberapa cara lain juga untuk menenangkan bayi saat rewel yang bisa kamu lakukan. Yaitu dengan memandikan bayi dengan air hangat, memberikannya ASI, menggendong bayi sambil bernyanyi. Jika bayi masih menangis terus atau kamu melihat beberapa gejala tanda aneh, maka jangan ragu hubungin dokter anak. Namun, tidak semua tangisan bayi merupakan tanda mereka mengalami rasa sakit. Sehingga jangan takut dan jangan berfikiran negatif karena tangisan bayi kamu.


icon featured

Popular

icon featured

Related Article

icon featured

Comments