youtube channel

Channels

Bolehkah Ibu Hamil Berpuasa di Bulan Ramadhan?

Bolehkah Ibu Hamil Berpuasa di Bulan Ramadhan?

Bolehkah Ibu Hamil Berpuasa di Bulan Ramadhan?

antvklik.com - - Bolehkah ibu hamil berpuasa, mengingat kebutuhan gizi dan nutrisinya lebih besar daripada wanita pada umumnya? Dalam Al Quran, Allah mewajibkan umat muslim untuk berpuasa. Namun, terdapat pengecualian untuk tidak berpuasa bagi orang dengan kondisi tertentu, yaitu: kondisi sakit, dalam perjalanan, dan bagi orang yang merasa berat dalam menjalankannya. Sementara ibu hamil berpuasa juga tidak dilarang. Hanya saja, ibu hamil berpuasa harus memperhatikan kondisi kehamilannya serta mengutamakan pemenuhan gizi dan nutrisinya agar si bayi tetap sehat. Pemenuhan nutrisi ini harus sama dengan kondisi ketika tidak berpuasa, hanya yang berbeda pemenuhan nutrisi ini dipindah waktunya tentunya dilakukan pada saat sahur dan berbuka puasa serta antara waktu berbuka puasa dan sahur.

Untuk itu , ibu hamil yang berpuasa haruslah memiliki strategi, agar jumlah dan jenis zat gizi ke janin tetap terpenuhi secara lengkap. Seperti, mempersiapkan diri sebelum memasuki bulan ramadhan dengan meningkatkan cadangan kalori dalam tubuh. Cadangan kalori ibu hamil dapat dinilai dengan peningkatan berat badan yang sesuai. Gunakan pola 2 kali makan besar (makan lengkap) dan 2 kali makan kecil (cemilan/susu formula kehamilan) selama waktu buka hingga sahur. Memakan makanan yang mengandung karbohidrat kompleks seperti: gandum, nasi (terutama nasi merah). Konsumsi makanan sumber protein, daging merah dan sayur mayur.

Selain itu ibu hamil juga harus menghindari makanan/camilan manis berlebihan karena membuat rasa kenyang hingga tidak bisa lagi mengonsumsi ragam makanan lainnya (protein dan serat). Hindari juga minum terlalu banyak dalam sekali waktu, kopi, teh atau minuman berkarbonasi dalam jumlah banyak (berlebihan). Disarankan air putih atau air mineral juga susu formulasi kehamilan atau suplemen pengganti lainnya (sesuai petunjuk dokter), terutama jika tidak dapat memenuhi jumlah dan beragam jenis zat gizi. Ibu hamil juga perlu berkonsultasi dan selalu dalam pengawasan praktisi gizi, sebelum dan selama ibu hamil berpuasa.

Sedangkan kondisi ibu hamil yang tidak diperbolehkan berpuasa antara lain:


  1. Menderita diabetes melitus

Ibu hamil dengan diabetes harus menjalani pola makan sedemikian rupa agar gula darah tetap terkontrol. Karena itu, ibu hamil dengan diabetes tidak disarankan berpuasa. Pasalnya, selain harus menjalani terapi obat secara teratur, ibu hamil juga harus mematuhi program makan yang telah dibuatkan supaya kadar gula dalam darah bisa tetap terkontrol/bisa tetap stabil.


  1. Hipertensi

Tekanan darah selama kehamilan harus terkontrol dengan baik. Terlebih lagi pada ibu yang tekanan darahnya harus dikontrol dengan obat-obatan. Tekanan darah yang naik turun harus dihindari karena berbahaya buat kesehatan ibu dan bayinya.


  1. Perdarahan

Puasa pada saat menjalani kehamilan dengan perdarahan akan menambah parah perdarahan tersebut. Ibu hamil sebaiknya konsultasi dengan dokter kandungan untuk mengatasi keadaan ini.


  1. Sakit maag

Memaksakan diri berpuasa pada ibu hamil yang punya sakit maag akan memberi peluang bagi kekambuhan penyakit itu.


  1. Dehidrasi

Kondisi ini berbahaya untuk kesehatan ibu dan bayi dalam kandungannya. Dalam keadaan seperti ini, ibu hamil sebaiknya cepat berbuka. Terlebih lagi ibu hamil yang terancam dehidrasi karena diare, muntah-muntah, keringat dingin.

Nah.. jika merasa kondisinya sehat dan kuat, maka tidak ada salahnya loh jika ibu hamil tetap berpuasa di bulan ramadhan. Selamat berpuasa untuk ibu hamil! (Restu Wulandari)


icon featured

Popular

icon featured

Related Article

icon featured

Comments