youtube channel

Channels

Bahaya! Tanda Anak Kecanduan Gadget Yang Harus Dihindari Sesegera Mungkin

Bahaya! Tanda Anak Kecanduan Gadget Yang Harus Dihindari Sesegera Mungkin

source: google.com

antvklik.com - - Di zaman sekarang yang serba online ini memang semuanya serba mudah. Mau nyari barang yang umum seperti baju atau sepatu hingga barang yang susah dicari seperti cd album band jadul semua bisa di cari di online. Semua orang pun sekarang sudah bisa mengakses segala sesuatu dari gadget nya masing-masing. Tidak hanya orang dewasa, anak kecil zaman now juga udah punya gadget loh. Makanya nggak heran kalau kita ngelihat ada anak masih umur 3-4 tahun tapi udah jago banget gunain gadget nya. Kamu juga melakukan hal yang sama pada si kecil? Jangan sampai dia kecanduan gadget ya, bahaya! Berikut adalah tanda anak kecanduan gadget yang harus kamu hindari sesegera mungkin.

Tanda Anak Kecanduan Gadget

1. Bermain gadget minimal 1 jam dalam sehari.

Mengapa penggunaan gadget secara berlebihan bahaya untuk anak kecil? Karena penggunaan gadget bersifat individual, immersive dan on-demand. Hal ini bisa mempengaruhi kemampuan intrapersonal anak dan akan mengakibatkan keadaan di mana anak susah lepas dari gadgetnya. tanda anak kecanduan gadget

2. Membawa gadget ke tempat tidur.

Riset menunjukkan bahwa 49% anak-anak berusia 8 tahun ke bawah menggunakan gadget sebelum tidur dan ternyata hal ini dapat menurunkan kualitas tidur anak loh. Kesehatan anak juga bisa terganggu jika ia tidak tidur dengan cukup.

3. Punya gadget nya sendiri.

Hal ini juga sebaiknya dihindari karena jika anak sudah memiliki gadgetnya sendiri, maka orang tua akan kesulitan dalam memantau pemakaian gadgetnya. Selain itu pemakaian gadget secara berlebihan juga dapat berdampak pada tingkat emosional dan produktivitas si anak.

4. Lebih sering menghabiskan waktu bermain gadget daripada membaca buku.

Sebaiknya anak dibawah 18 bulan dijauhkan dulu dari gadget. Kamu bisa mulai membacakan buku cerita setiap malam daripada memberikan si anak bermain game di gadget. Dengan membaca buku juga dapat meningkatkan minat baca si anak loh.

5. Mulai melakukan tindakan kecil seperti kekerasan dan mengucapkan kata-kata kasar.

Kita memang tidak bisa selalu memantau hal-hal apa saja yang sudah dilihat di gadget. Tidak memungkinkan si anak menonton tayangan yang berbau kekerasan. Jika hal ini sudah terjadi sebaiknya kamu mengajak si anak untuk puasa gadget terlebih dahulu.


icon featured

Popular

icon featured

Related Article

icon featured

Comments