youtube channel

Channels

Ini Lho 5 Cara Untuk Mengatasi Rasa Sakit Saat Menstruasi

Ini Lho 5 Cara Untuk Mengatasi Rasa Sakit Saat Menstruasi

Ini Lho 5 Cara Untuk Mengatasi Rasa Sakit Saat Menstruasi

antvklik.com - - Rasa sakit atau nyeri yang muncul saat menstruasi sebenarnya adalah hal yang normal atau lumrah terjadi.

Hanya saja jika nyeri haid atau menstruasi tersebut sudah mengganggu aktivitas atau kehidupan sehari-hari, maka kita harus lebih berhati-hati lagi.

Nyeri haid muncul disebabkan oleh dinding rahim yang berkontraksi sehingga pembulu darah terjepit dan menyebabkan timbulnya iskemi jaringan. Kontraksi inilah penyebab nyeri haid. Untuk mengatasi rasa sakit saat menstruasi anda bisa coba hal berikut:

1. Minum Kunyit Asam

Obat tradisional ini memang sudah dikenal masyarakat akan khasiatnya. Selain dapat menyegarkan tubuh ternyata Anda juga bisa meminum kunyit asam untuk mengatasi rasa sakit saat menstruasi. Kunyit asam juga dapat memperlancar dan mengatasi nyeri haid

2. Kompres perut dengan air hangat

Apabila nyeri tak tertahankan, Anda bisa melakukan kompres air hangat pada bagian perut bawah yang kram dan nyeri. Kompres dilakukan dengan cara menempelkan botol yang berisi air hangat di dalamnya, disertai dengan pijatan lembut pada daerah yang terasa nyeri. Kompres ini bertujuan untuk melancarkan peredaran darah dan membuat otot-otot di sekitar perut lebih rileks sehingga bermanfaat untuk mengatasi rasa sakit saat haid.

3. Tidur Yang Teratur

Saat haid, tubuh Anda membutuhkan istirahat yang cukup. Tidur dapat mengatasi rasa sakit saat menstruasi. Hindari begadang dan tidurlah setidaknya 8 jam ketika Anda sedang menstruasi.

4. Olahraga Teratur

Olahraga yang teratur juga salah satu cara mengatasi rasa sakit saat haid. Olahraga ringan yang bisa dilakukan adalah berjalan, bersepeda, atau berenang. Namun, jangan memaksakan diri apabila memang kemampuannya tidak sampai. Lakukan saja olahraga yang ringan tapi dengan teratur akan lebih membantu.

5. Hindari Kafein

Kafein termasuk salah satu yang perlu Anda hindari. Kafein yang terdapat pada kopi, teh, soda, dan cokelat dapat memperparah kram dan tegang pada perut. Anda dapat mengganti kopi dan teh Anda dengan minuman jahe atau lemon hangat. Jahe serta lemon dapat mengatasi rasa sakit saat menstruasi dan memberi efek menenangkan. (MN)


icon featured

Popular

icon featured

Related Article

icon featured

Comments