youtube channel

Channels

Asiknya Wisata di Hutan Lindung Batu Mentas

Asiknya Wisata di Hutan Lindung Batu Mentas

Asiknya Wisata di Hutan Lindung Batu Mentas

antvklik.com - www.antvklik.com - Lokasi wisata di Pulau Belitung tak hanya mengandalkan keindahan pantainya, tetapi juga ada lokasi wisata di sungai, yang tak kalah menarik. Bila Anda lebih suka berwisata di sungai Anda bisa menuju ke lokasi wisata Batu Mentas. Lokasi wisata Batu Mentas ini adalah sebuah kawasan hutan lindung yang terletak di Dusun Kelekak Datuk, Kecamatan Badau atau sekitar 30 Km dari pusat kota Tanjungpandan. Sungai yang berada di kaki Gunung Tajam ini memiliki potensi yang sangat luar biasa sebagai sebuah Destinasti Wisata terpadu. Keindahan alamnya berupa sungai yang sangat jernih yang berasal dari wilayah Gunung Tajam maupun hutannya yang masih sangat lebat dan alami, Keunikan flora dan fauna.

batu mentas 2

Di lokasi wisata ini pengunjung bisa berenang dan bermain di air sungai yang jernih, sejuk dan alami. Anda bisa menyaksikan dengan jelas berbagai jenis ikan sungai berkeliaran di sungai yang jernih ini. Di lokasi ini juga banyak terdapat batu granit yang besar-besar, yang berderet menyeberang di tengah sungai. Sementara di bagian hulu sungai ini bisa dimanfaatkan untuk berarung jeram. Namun diimbau kepada pengunjung harus berhati-hati, karena kondisi batu granit di lokasi ini agak rapat.

Wisata ke Batu Mentas ini sangat cocok bagi Anda yang suka berpetualang di alam bebas, di tengah hutan lebat. Anda bisa menelusuri jalur pinggir sungai dari hulu hingga hilir dan menemukan berbagai macam jenis pohon hutan dan suasana dan aroma pepohonan di tengah hutan lebat. Ada beberapa jenis pohon hutan yang dilestarikan di kawasan hutan ini, diantaranya Nibong Palay, Simpor Laki, Pelawan, Rukam, Sisilan dan masi banyak lagi yang lainnya. Salah satu yang banyak diburu orang adalah pohon Simpor Laki, karena diyakini bisa digunakan sebagai penangkal setan dan juga untuk pengobatan berbagai macam penyakit.

tarsius-bancanus3

Selain menjadi tempat untuk kawasan wisata alam, Batu Mentas juga merupakan kawasan konservasi primata langka Tarsius Bancanus Saltator, atau yang lebih dikenal masyarakat setempat sebagai Pelilean. Hewan langka ini hanya jumlahnya sekitar 10.000 ekor. Bagi yang ingin belajar lebih lanjut, menelusuri keberadaan Pelile’an pada malam hari dan menikmati alam, bisa menginap di salah satu penginapan berbentuk rumah pohon yang telah disediakan. Namun bagi yang tidak bernyali diharapkan jangan menginap di lokasi ini, karena pada malam hari Anda akan mendengar suara-suara berbagai macam binatang hutan yang bisa membangkitkan bulu roma. Nah, jika Anda penasaran, silahkan mencoba sensasi menikmati suasana malam di Batu Mentas.

Laporan Marwan Albab dari Tanjungpandan, Bangka Belitung


icon featured

Popular

icon featured

Related Article

icon featured

Comments