youtube channel

Channels

7 Danau terbesar Di Indonesia Selain Danau Toba

7 Danau terbesar Di Indonesia Selain Danau Toba

7 Danau terbesar Di Indonesia Selain Danau Toba

antvklik.com - - Sebagai negara kepulauan, Indonesia memiliki banyak sekali kekayaan alam. Baik rempah, suku dan budaya, serta keindahan alam itu sendiri. Berbicara mengenai keindahan alam, selain gunung dan pantai, Indonesia juga memiliki danau.

Sekedar informasi, yang disebut sebagai danau adalah cekungan air berukuran besar yang digenangi air tawar atau air asin, atau bahkan gabungan dari kedua jenis air tersebut. Untuk menentukan besar sebuah danau ada dua hal yang perlu diukur, pertama kedalaman air serta luas daratan yang mengelilinginya.

Dari sekian banyak danau di Indonesia berikut adalah tujuh danau terbesar di Indonesia selain danau Toba.

1. Danau Towuti, Sulawesi Selatan

Danau Towuti merupakan danau yang terletak di Towuti, Luwu Timur, Sulawesi Selatan. Memilki luas permukaan 561,1 km2 / 56.110 ha dengan kedalaman 203 m membuat danau ini memnduduki peringkat ke dua terbesar di Indonesia. Tidak jauh berbeda dengan danau toba, Danau berjenis Tetonik ini juga memiliki pulau di tengah-tengahnya. Namun bedanya, di danau ini terdapat lima pulau. pulau Makambara, pulau Anue, pulau Bolong, pulau Loeha, dan pulau Kembara.

2. Danau poso, Sulawesi Tengah

7 Danau terbesar Di Indonesia Selain Danau Toba

Menempati posisi ke tiga, danau ini terkenal dengan salah satu biodiversitasnya (kenaekaragamanan hayati) ikan sogili. Isu beredar menyatakan bahwa ikan ini hanya terdapat di danau ini. Danau yang memiliki luas 323,2 Km2 / 32.300 ha dengan kedalaman 450m ini memiliki pantai berwarna keemasan. Pantai itu dikenal dengan sebutan Pantai Siuri.

3. Danau Sentarum, Kalimantan Barat

Danau ini dalah danu jenis Floodplain yang memiliki luas 275 Km2 dengan kedalaman 8 m. Menempati posisi ke-4 terbesar danau ini memasuki daftar lahan basah terpenting di dunia. Hal ini dikarenakan beberapa jenis ikan seperti jelawat, menyadin, tapah, dan belantau melalui danau ini dalam siklus reproduksinya. Tidak hanya ikan danau yang selalu dipenuhi air selama 10 bulan dan surut dua bulan berikutnya ini juga dihampiri burung dara laut untuk bertelur.

4. Danau Matano, Sulawesi Selatan

Danau ini memiliki luas 164,1 Km2 dan menempati posisi ke lima di bidang danau terbesar. Namun bila berbicara soal kedalamannya, danau ini berada di peringkat pertama, bahkan pertama di Asia Tenggara dan posisi ke-8 di dunia. Letak danau ini tak begitu jauh dari danau Towuti.

5. Danau Jempang, Kalimantan Timur

Luasnya 150 km2 /15.000 ha dan kedalaman maksimum hanya 6m. Danau ini terletak di Kutai Barat, Kalimantan Timur dan merupakan salah satu danau floodplain. Rerumputan hijau memenuhi pepingiran danau ini. Di danau ini juga merupakan tempat anak-anak suku Dayak Benuaq membuat perangkap burung.

6. Danau Paniai, Papua

Danau tektonik yang satu ini memiliki luas 145 km2 /14.500 ha dengan kedalaman 50 m. Menempati posisi ke tujuh ia terletak di Paniai Timur dan telah diakui oleh 157 negara ketika berlangsung Konfrensi Danau Se-Dunia yang diselenggarakan pada 30 November 2007.


icon featured

Popular

icon featured

Related Article

icon featured

Comments