youtube channel

Channels

5 Tips Ini Dijamin Bikin Cegah Kantong Bolong Saat Liburan!

5 Tips Ini Dijamin Bikin Cegah Kantong Bolong Saat Liburan!

5 Tips Ini Dijamin Bikin Cegah Kantong Bolong Saat Liburan!

- Setiap hari sibuk kuliah, kerja, ngurus rumah, pasti ada saatnya kalian ngerasa lelah dan penat. Pengen deh rasanya keluar dan jalan-jalan untuk sekedar menikmati hidup. Setuju nggak?

antvklik.com - Tapi, setelah melihat ongkos tour untuk liburan… duh! kandas deh keinginan jalan-jalan karena biaya yang besar. Tapi kalian tahu nggak sih kalau traveling itu sebenarnya nggak harus mahal?

Di jaman now yang serba mudah ini kalian nggak harus kok, ikut tur atau biro jasa untuk jalan-jalan. Kalau tujuan kalian ingin traveling dengan santai, kalian bisa merencakan perjalanan sendiri lho.

Jangan khawatir masalah biaya guys, karena kalian bisa memanfaatkan 5 tips ini untuk merencanakan perjalanan traveling kalian. Dengan begitu, kalian bisa senang-senang, tapi kantong juga gak bolong! Nggak percaya? Yuk ikutin 5 tips ini!

1. Rencanakan traveling-mu dari jauh-jauh hari

pexels.com

Ini adalah tips yang wajib banget kalian lakuin untuk berhemat pada saat melakukan traveling. Kalau perlu, rencanakan perjalanan kalian di tahun sebelumnya. Karena apa? Karena kalian bisa dapetin harga tiket yang jauh lebih murah dengan memesan saat ada promo atau melalui travel fair.

Jadi, begitu kalender tahun berikutnya diluncurkan, segera cari tanggal yang kalian rasa cocok dengan jadwal kalian ya! Selain itu, kalian juga bisa lho mencari promo di acara travel fair di kota kalian masing-masing. Manfaatkan pameran ini dengan baik ya, karena banyak maskapai penerbangan yang akan menawarkan tiket perjalanan dengan harga yang jauh lebih murah dari harga normal. Tiket beres, nggak bikin kantong kempes!

2. Pilih penginapan alternatif selain hotel

pixabay.com

Sekarang ini, banyak lho penginapan alternatif yang menawarkan kenyamanan yang nggak kalah dengan hotel berbintang seperti home stay. Buat yang belum tau, homestay adalah penginapan yang disewakan oleh pemilik rumah secara langsung. Biasanya, berupa bagian rumah atau beberapa kamar dari rumah mereka sendiri.

Sesuai dengan namanya, home yang berarti rumah dan stay yang berarti tinggal, kalian bisa nih nginep di rumah sang pemilik dengan berbagai macam fasilitas yang ditawarkan. Penginapan jenis ini juga sangat populer. Harganya cenderung lebih murah. Ada satu keunggulan lainnya yaitu bisa untuk banyak orang. Ini sangat cocok lho untuk kalian yang ingin pergi bareng temen-temen.

3. Hindari restoran mahal dan area makan di lokasi tempat wisata

Ini nih, yang sering kali membuat pengeluaran kalian membengkak saat liburan. Saking asiknya jalan-jalan dan menikmati tempat-tempat wisata, kalian jadi cape dan lelah. Karena lelah, perut kalian jadi lapar dan semua makanan di mana mata kalian memandang terlihat enak.

Akhirnya, keluarlah dompet dan kamu mulai membeli satu camilan, dua camilan, dan seterusnya. Masih belum kenyang juga, kalian memutuskan untuk masuk ke salah satu restoran yang ada di dekat lokasi wisata tersebut. Waduh! Bikin kantong bolong nggak sih?

Untuk menghindari jebakan tempat wisata seperti ini, lebih baik kalian makan lebih dulu deh sebelum berkunjung ke sana. Mau lebih hemat lagi, bisa? Tentu bisa! Bawa aja bekal sendiri.

Kalau kalian menginap di penginapan yang menyediakan fasilitas dapur atau dapur umum, kalian bisa menyiapkan bekal lebih dulu sebelum berangkat. Sekadar mi instan atau nasi goreng akan mudah disiapkan sebagai bekal di tempat wisata nanti.

4. Gunakan transportasi umum

pixabay.com

Sudah menjadi pengetahuan umum kalau menggunalan transportasi umum itu pastinya memiliki tarif yang lebih murah dibandingkan dengan taksi, persewaan, bahkan angkutan online.

Ini akan banyak membantu kalian mengurangi biaya yang harus dikeluarkan. Hindari deh menggunakan taksi, transportasi sewa, dan angkutan online jika akses transportasi umum seperti bus dan kereta bisa dijangkau dan dimanfaatkan.

Atau, kalau kamu senang membakar keringat, kalian juga bisa berjalan untuk pergi ke tempat-tempat yang cukup dekat! Menarik bukan guys?

5. Manfaatkan layanan open trip bersama komunitas tertentu

pixabay.com

Ini dia budaya traveling yang sedang naik daun saat ini. Open trip! Untuk menghemat biaya dan menambah peserta, banyak komunitas kekinian yang mengadakan open trip atau liburan bersama yang dibuka untuk peserta tambahan di luar komunitas mereka.

Selain berlibur, kalian juga bisa sekalian membangun jaringan dan menambah kenalan. Bagi kalian yang masih jomblo, siapa tahu bisa dapetin jodoh di open trip ini? :D

Jadi, jangan tunda lagi kesempatan lagu untuk traveling hanya karena masalah biaya! Gunakan 5 tips di atas agar traveling-mu lebih hemat, namun tetap menyenangkan!

Selamat mencoba guys!


icon featured

Popular

icon featured

Related Article

icon featured

Comments