youtube channel

Channels

5 Hal Yang Identik Dengan Kota Jakarta

5 Hal Yang Identik Dengan Kota Jakarta

5 Hal Yang Identik Dengan Kota Jakarta

antvklik.com - - Selamat ulang tahun ke-490 Kota Jakarta... Ibu Kota Indonesia itu lahir pada 22 Juni 1527 dengan nama Jayakarta. Tanggal 22 Juni diketahui merupakan hari di mana pasukan Fatahillah sebagai panglima Kesultanan Demak merebut Sunda Kelapa dari kekuasaan Portugis. Sebagai Ibu Kota, Jakarta memiliki identitas yang tidak akan lepas dari pandangan orang.

Apa saja kah hal-hal yang identik dengan kota Jakarta? Berikut ulasannya.

1. Macet

Macet merupakan salah satu hal yang sangat identik dengan Kota Jakarta. Jika kita membicarakan kota Jakarta, kita tidak akan jauh dan asing dengan kata "macet". Memang sampai sekarang ini Jakarta belum bisa lepas dari kemacetan yang semakin semrawut dan tidak terkendalikan. Banyak orang dari luar kota yang masih berada di sekitar kota Jakarta seperti dari Bogor, Depok, Bekasi, dan berbagai kota lainnya beraktifitas di Jakarta, Sehingga tidak dipungkiri lagi, betapa banyaknya orang yang beraktifitas di Jakarta pada hari biasa.Volume kendaraan yang masuk ke kota Jakarta pada hari kerja sangat melunjak, dan ini yang menjadi penyakit kota Jakarta. Dari tahun ke tahun volume kendaraan semakin banyak, khususnya kendaraan roda dua.

5 Hal Yang Identik Dengan Kota Jakarta 5 Hal Yang Identik Dengan Kota Jakarta

2. Kerak Telor

Makanan ini sering disebut juga sebagai “Pizzanya Jakarta”. Jika banyak orang yang menonton film sambil makan pop corn, maka kerak telor paling pas dinikmati sambil menonton Ondel-ondel. Keberadaan makanan yang satu ini semakin terpinggirkan di tengah derasnya arus kemajuan jaman, padahal pada masa kolonial Belanda dahulu, kerak telor sempat menjadi makanan elit khas Betawi yang terkenal kelezatan rasanya. Makanan ini dihidangkan saat pesta dan hajatan besar para pembesar pada masa itu. Namun sekarang, penjual kerak telor semakin sulit di ketemukan, mungkin hanya di event-event Budaya Betawi seperti jakarta fair kita bisa mencicipi kuliner satu ini. Kerak telor dibuat dengan bahan baku beras ketan putih, telur ayam, ebi, kelapa sangrai, dan lain-lain. Semua bahan tersebut didadar dan dimasak di atas tungku tanah liat.

5 Hal Yang Identik Dengan Kota Jakarta 5 Hal Yang Identik Dengan Kota Jakarta

3. Ondel-Ondel

Ondel-ondel adalah bentuk pertunjukan rakyat Betawi yang sering ditampilkan dalam pesta-pesta rakyat. Ondel-ondel yang berupa boneka besar itu tingginya sekitar 2,5 meter dengan garis tengah ± 80 cm, dibuat dari anyaman bambu yang disiapkan begitu rupa sehingga mudah dipikul dari dalamnya. Bagian wajah berupa topeng atau kedok, dengan rambut kepala dibuat dari ijuk. Wajah ondel-ondel laki-laki biasanya dicat dengan warna merah, sedangkan yang perempuan warna putih. Dahulu ondel-ondel berfungsi sebagai penolak bala atau gangguan roh halus yang gentayangan. Namun seiring berjalannya waktu, ondel-ondel biasanya digunakan untuk menambah semarak pesta- pesta rakyat atau untuk penyambutan tamu terhormat.

5 Hal Yang Identik Dengan Kota Jakarta 5 Hal Yang Identik Dengan Kota Jakarta

4. Monas

Banyak orang bilang, belum ke Jakarta namanya kalau belum mampir ke Monumen Nasional atau Monas. Bangunan yang berada di tengah Lapangan Medan Merdeka, Jakarta Pusat ini merupakan ikon dari Kota Jakarta. Monas mulai dibuka bagi masyarakat luas atau kalangan umum pada tanggal 12 Juli 1975. Saat mengunjungi monas, kita dapat melihat keindahan ibu kota dengan naik ke puncak dari tugu monas menggunakan lift yang tersedia. Monas dibuka setiap hari mulai pukul 08.00 WIB sampai 15.00 WIB. Namun pada hari Senin minggu terakhir setiap bulannya, Monas ditutup untuk umum.

5 Hal Yang Identik Dengan Kota Jakarta 5 Hal Yang Identik Dengan Kota Jakarta

5. Banjir

Indonesia termasuk dalam 10 besar negara yang paling sering terkena banjir di dunia. Khususnya di Jakarta, banjir pasti sudah menjadi langganan saat datangnya musim hujan. Beberapa daerah yang menjadi langganan banjir adalah kawasan kelapa gading, pondok indah, kampung melayu, dan grogol. Masyarakat juga harus mengurangi buang sampah sembarangan, itu penyebab dari banjir.

5 Hal Yang Identik Dengan Kota Jakarta 5 Hal Yang Identik Dengan Kota Jakarta

Semoga di ulang tahun Kota Jakarta yang ke 490, Jakarta semakin maju, bebas dari banjir dan kemacetan yang parah. Semoga budaya Kota Jakarta juga tetap dilestarikan oleh generasi-generasi penerus. (F.I)


icon featured

Popular

icon featured

Related Article

icon featured

Comments