youtube channel

Channels

Lukisan Batik Kaca, Ekspersi Seni pada Media yang Berbeda, Indah dan Artistik

Lukisan Batik Kaca, Ekspersi Seni pada Media yang Berbeda, Indah dan Artistik

Lukisan batik kaca karya Budiono, seniman dari Tulungagung, Jawa Timur(Foto: ANTV/ Aries S)

Membatik di atas kain, tentu sudah biasa. Tapi bagaimana jadinya jika melukis batik di atas kaca seperti gelas, piring dan mangkuk. Membatik dengan cara tidak biasa ini dilakukan Budiono, seorang seniman di Tulungagung, Jawa Timur.

antvklik.com - Hasil karya seni yang indah, unik dan artistik dari lukisan batik kaca ini, biasa digunakan sebagai hiasan dinding, souvenir dan pelengkap dekorasi untuk mempercantik interior rumah. Seni batik kaca ini dikreasi oleh Budiono, seniman asal Desa Majan, Kecamatan Kedungwaru, Tulungagung, Jawa Timur. Budiono mengaku ide awal membuat batik kaca ini didorong keinginannyamengekspresikan jiwa seni dengan media berbeda.

batik kaca 2 Berbagai karya batik kaca karya Budiono(Foto:ANTV/ Aries Sutikno)

Untuk membuat lukisan batik kaca ini sebenarnya semua benda dari kaca yang ada di sekitar rumah bisa digunakan, seperti; gelas, piring, mangkuk, toples dan botol minuman, tentu dengan bentuknya menarik dan artistik.

Benda kaca yang mau dibatik juga harus masih bagus. Benda atau gelas yangsudah banyak goresannya atau buram tidak dipakai, karena akan mengurangi keindahan. Sebelum dibatik atau dilukis, kaca juga harus dibersihkan dari minyak dan kotoran. Media kaca yang bersih akan menghasilkan hasil lukisan yang bagus dan cat bisa menempel lebih kuat.

“Membatik dengan media kaca relatif gampang, tidak beda dengan membuat lukisan dengan media kovensional. Bedanya,membatik dengan media kaca ini tidak menggunakan proses pencelupan warna seperti kain. Berbagai macam motif bisa dibatik dengan media kaca, “ kata seniman batik kaca, Budiono.

Selama ini lukisan batik kaca buatan Budiono selain dibeli para kolektor dari berbagai kota di Indonesia, juga di gemari masyarakat sebagai pelengkap dekorasi untuk memperindah interior rumah dan sebagai souvenir. Lukis batik kaca ini dipatok dengan harga Rp20 ribu hingga ratusan ribu rupiah per buah, tergantung besar kecil media lukis dan tingkat kesulitan pembuatannya.

Aries Sutikno | Trenggalek, Jawa Timur


icon featured

Popular

icon featured

Related Article

icon featured

Comments