youtube channel

Channels

John Legend Alami Perlakuan Rasis Saat Masa Kuliah

John Legend Alami Perlakuan Rasis Saat Masa Kuliah

John Legend yang baru saja dinobatkan sebagai pria terseksi merasa bersyukur bila mengenang masa-masa di mana ia pernah mendapatkan perlakuan rasisme semasa kuliah dulu. (John Legend/Foto Instagram @johnlegend)

John Legend mengenang masa lalu yang pernah mengalami perlakuan rasial akibat dirinya yang dilahirkan sebagai warga kulit hitam di negaranya sendiri, Amerika Serikat.

antvklik.com - Penyanyi John Legend yang baru saja dinobatkan sebagai pria terseksi merasa bersyukur bila mengenang masa-masa di mana ia pernah mendapatkan perlakuan rasisme semasa kuliah dulu.

Legend mengingat masa kuliahnya tak selalu menyenangkan. Salah satunya karena perlakuan rasisme yang didapatkannya.

"Aku senang kuliah di Penn, tapi terkadang melihat hal-hal yang terjadi di media sosial saat ini mengingatkanku pada hal-hal yang pernah terjadi semasa kuliah,” kenang John Legend yang dikutip dari People.

Pelantun All of Me ini merasakan penderitaan perlakuan terhadap rasnya kulit hitam sangat berlebihan.

“Orang-orang memperlakukanmu seolah kamu tidak layak berada di sana, atau menanyakan kartu identitasmu namun tidak pada anak-anak kulit putih," ujarnya

Pemilik nama asli John Roger Stephens ingat betul hal yang sederhana bisa menjadi masalah baginya hanya karena dirinya bukan orang kulit putih.

Pengalaman 20 tahun sebagai korban rasial benar-benar menyiksa dirinya. Sebagai contoh, polisi dan beberapa orang kulit putih lainnya kerap menanyakan kepemilikan mobil yang dikendarainya yang membuat bosan karena itu.

"Hal paling mengerikan adalah ketika polisi memanggilmu dan kamu tak pernah tahu eskalasi seperti apa yang akan terjadi," ungkapnya.

Legend menambahkan, orang-orang kulit hitam seperti dirinya seringkali dipandang sebagai seseorang yang berbahaya sekalipun sebenarnya tidak.

"Ketika kecurigaan diarahkan pada kami di berbagai keadaan, ini bisa sangat berbahaya bagi kami," ucap dia.

Peraih empat Penghargaan besar, Emmy, Grammy, Oscar, dan Tony ini pernah menjalani pendidikan di University of Pennsylvania dan lulus dengan predikat magna cum laude pada 1999.

Saat kuliah, Legend bertemu dengan penyanyi Lauren Hill dan memainkan piano untuk lagu Everything is Everything yang membuatnya memenangkan Grammy for Album of the Year.

Terkini, Legend aktif menjadi penasehat untuk peradilan pidana pada organisasi Free America yang didirikan pada 2014. Organisasi ini bertujuan untuk menghentikan perlakuan dan menghentikan rasisme serta mengurangi populasi orang yang dipenjarakan karena urusan ini.


icon featured

Popular

icon featured

Related Article

icon featured

Comments