youtube channel

Channels

5 Makanan Pembersih Paru Paru Berguna Untuk Perokok Yang Aktif

5 Makanan Pembersih Paru Paru Berguna Untuk Perokok Yang Aktif

Makanan Pembersih Paru Paru

antvklik.com - - Sebenarnya saat ini sudah banyak penyuluhan bagi para perokok untuk menghentikan konsumsi rokok, seperti penyampaian dampak negatif dari rokok yaitu terkena penyakit paru-paru. Meskipun mereka sudah mengetahui risiko terburuk rokok sekalipun tidak cukup membuat para perokok berhenti.

Salah satu dampak paling berbahaya dari rokok adalah efek candu yang dihasilkan dari nikotin. Nikotin merupakan zat adiktif yang menimbulkan perasaan candu dalam diri perokok. Jika seseorang mengisap rokok, nikotin yang terkandung di dalamnya akan merangsang otak untuk memproduksi sedikit dopamin, sehingga membuat si perokok memiliki rasa rileks dan nyaman.

Sayangnya kebiasaan merokok ini berdampak juga pada organ tubuh lainnya. Sebatang rokok setidaknya mengandung ratusan zat kimia berbahaya yang jika masuk ke dalam tubuh kita secara terus-menerus akan menimbulkan masalah pada organ tubuh, terutama paru-paru. Seorang perokok berisiko mengalami infeksi paru-paru yang ditandai dengan gejala batuk yang tak kunjung sembuh dan tak jarang batuk tersebut juga bercampur dengan darah.

Tidak ada cara untuk menghindari penyakit tersebut selain berusaha untuk berenti merokok secara total dan memulai gaya hidup yang sehat.

Namun bagi anda yang masih sangat sulit untuk menghentikan kebiasaan merokok, dibawah ini beberapa jenis makanan pembersih paru paru yang dapat anda konsumsi untuk membantu proses pembersihan pada paru-paru anda dari racun dan zat kimia berbahaya yang disebabkan oleh rokok:

1. Makanan Pembersih Paru Paru: Jahe

Makanan Pembersih Paru Paru Makanan Pembersih Paru Paru

Jahe merupakan salah satu bahan makanan yang sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari. Kandungan antiseptik dan antibakteri yang terdapat pada jahe dapat membantu saluran bronkial di paru-paru untuk menghilangkan zat-zat berbahaya yang dihasilkan oleh rokok. Dengan mengonsumsi jahe, niscaya pernapasan anda akan terasa lebih lega. Biasanya jahe dicampurkan sebagai bahan dasar masakan atau diminum dengan air hangat. Namun, lebih baik jika anda menyantapnya langsung agar pernapasan anda kembali lega.

2. Makanan Pembersih Paru Paru: Jeruk Bali

Makanan Pembersih Paru Paru Makanan Pembersih Paru Paru

Jeruk Bali memiliki khasiat yang sangat besar bagi kesehatan, terutama untuk melawan sel kanker dan membersihkan paru-paru. Buah ini sangat kaya antioksidan yang dapat membantu tubuh mencegah sel kanker tumbuh tak terkendali. Buah ini kaya akan vitamin C yang mampu menghambat kenja enzim yang dapat mengaktifkan sel kanker paru-paru.

3. Makanan Pembersih Paru Paru: Bawang Putih

Makanan Pembersih Paru Paru Makanan Pembersih Paru Paru

Bagi anda para pecandu rokok, disarankan untuk rajin mengonsumsi bawang putih. Bawang putih niscaya dapat membantu menurunkan risiko kanker paru-paru hingga 44% bila anda mengonsumsinya minimal dua kali dalam seminggu. Bawang putih diketahui mengandung antioksidan yang dapat mengurangi radikal bebas dalam tubuh.

4. Makanan Pembersih Paru Paru: Yogurt

Makanan Pembersih Paru Paru Makanan Pembersih Paru Paru

Yogurt terbuat dari dua jenis bakteri menguntungkan yakni Lactobacillus bulgaricus dan Streptococcus thermophilus. Yogurt dapat menghasilkan zat-zat yang diperlukan hati, sehingga berguna mencegah penyakit kanker dan paru-paru.

5. Makanan Pembersih Paru Paru: Selenium

Makanan Pembersih Paru Paru Makanan Pembersih Paru Paru

Selenium adalah mineral yang merangsang enzim dan bersama-sama dengan vitamin E membantu memperkuat membran paru-paru. Jika kandungan selenium banyak, artinya kandungan sel kanker akan perlahan menurun. Makanan yang mengandung zat selenium adalah telur, keju, jamur, gandum, daging sapi, ikan tuna, ikan salmon, kepiting, dan kedelai.


icon featured

Popular

icon featured

Related Article

icon featured

Comments